UMKM Kendal Ditarget Tembus Pasar Ekspor

 

Penyerahan sertifikat pelatihan oleh Dekranasda Kendal


KENDAL-Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto  berharap pelaku usaha mikro kecil dan menengah di daerah itu bisa menembus pasar ekspor. Pengusaha diminta kreatif dalam mengelola produk dan piawai dalam pemasaran. 

Hal itu dikatakan Dico M. Ganinduto saat menghadiri pengukuhan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda). "Dengan menembus pasar ekspor, maka produksi bisa ditingkatkan dan lapangan kerja terbuka pula," katanya.

Guna menembus target itu, bupati minta Dekranasda Kendal melakukan berbagai upaya pembinaan terhadap pelaku usaha kecil dan menengah. Harus ada bimbingan an iden kreatif pada pengusaha UMKM. 

Bupati meminta agar para pelaku UMKM dapat memanfaatkan adanya mal pelayanan publik (MPP). Pengusaha diharap juga kerjasama dengan pihak digital platform seperti Gojek, Grab dan Tokopedia dalam memasarkan hasil UMKM. 

Ketua Dekranasda Kendal, Wynne Frederica mengharapkan kepada pengurus Dekranasda dapat mendorong potensi dari hasil UMKM. "Saya berharap ke depan UMKM kita bisa memiliki kemajuan yang nyata. Saat ini beberapa UMKM juga sudah mulai memperbaiki kemasan dan ada juga yang sedang melakukan pelatihan untuk segera diekspor," ujar Ketua Dekranasda Kendal. (PENI)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama