Idul Adha Berbeda, Ini Langkah Pemkab Tanah Datar

 Rapat persiapan pelaksanaan Salat Idul Adha di Indojolito, Batusangkar. (prokopim)


BATUSANGKAR-Pemerintah kabupaten rapat persiapan bersama Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Tanah Datar, Selasa (20/6/2023) malam di Indojolito. Rapat membahas persiapan Salat Idul Adha.


Hadir pada rapat tersebut Bupati Eka Putra, Wakil Bupati Richi Aprian selaku Ketua PHBI Tanah Datar, Sekretaris Daerah Iqbal Ramadi Payana, Asisten Pemerintah dan Kesra Elizar, Kepala Kantor Kemenag Tanah Datar, Ketua MUI Tanah Datar dan lainnya.

Berdasarkan keputusan Rukyatul Hilal Kementerian Agama, 1 Dzulhijjah jatuh pada 20 Juni 2023 dan 10 Dzulhijjah atau Idul Adha jatuh pada 29 Juni 2023 sedangkan keputusan majelis tarjih PP Muhammadiyah Idul Adha jatuh pada 28 Juni 2023.

Bupati Eka Putra menyebutkan, dengan perbedaan penetapan Idul Adha, pemerintah daerah tentu harus siap memfasilitasi pelaksanaan Salat Idul Adha tersebut. 

"Pemda akan siap memfasilitasi di 28 Juni dan juga di 29 Juni tersebut, tentunya diharapkan dukungan kepada PHBI, organisasi keagamaan, organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, bagaimana semua kita nanti aman dan ibadah berjalan dengan lancar," harap bupati yang dikutip dari Prokopim Setda Tanah Datar.

Bupati Eka Putra katakan kepada OPD terkait diantaranya Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP dan Damkar pada -1 pelaksanaan shalat Idul Adha sudah sterilkan lapangan Cindua Mato, kepada Dinas Perhubungan bekerjasama dengan kepolisian untuk mengkoordinasikan lokasi parkir karena di perkiraan jamaah cukup ramai.

Bupati Eka Putra  berharap, perbedaan pelaksanaan Salat Idul Adha tidak menjadi permasalahan dan biang perpecahan di tengah masyarakat. "Mari kita saling hormat menghormati dan menghargai perbedaaan yang terjadi. Agar keamanan dan kenyamanan tetap terjaga Insya Allah pemerintah bersama PHBI siap memfasilitasi," harapnya

Wabup Richi Aprian sekaligus Ketua PHBI Tanah Datar sampaikan kalau nantinya memang terjadi perbedaan pelaksanaan Salat Idul Adha, PHBI siap memfasilitasi pelaksanaan di lapangan Cindua Mato Batusangkar. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama