Jalan Antar Desa di Kuansing Rusak Parah, Mirip Kubangan Kerbau

 Jalan yang rusak parah di Kuansing. Jalan ini menjadi penghubung antar desa.


KUANSING-Ruas jalan yang menghubungkan kebeberapa desa rusak parah dan berlumpur di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Kondisi tersebut menyulitkan warga melintas. Tak jarang kendaraan terjebak lumpur di kubangan jalan.


Jalan rusak itu berada antara Desa Sungai Keranji, Desa Geringging Baru dan Desa Jake.  Jalan yang rusak itu merupakan penghubung desa-desa tersebut.

Ketika dipantau, Rabu (6/6/2023), jalan selebar tujuh meter tersebut, hampir sepanjang tiga kilometer macam kubangan kerbau. Seluruh bagian jalan sudah hancur dan dipenuhi lumpur.

Ketua Forum BPD Kecamatan Singingi, Fatkhul Muin  yang juga sebagai Ketua Bidang Hukum dan Ham Forum BPD Kabupaten kuangsing dan Wakil Sekretaris Forum BPD Riau mengatakan, kerusakan jalan ini terjadi sejak satu tahun yang lalu. 

Fatkhul Muin menyampaikan, kondisi jalan ini sangat memperhatikan sudah berlubang dan tergenang lumpur. Bahkan, kedalaman lubang  hampir satu  meter. "Bila musim hujan datang, kondisi tambah parah," terangnya.

Kondisi jalan yang rusak dan berlumpur mengakibatkan para pengendara sepeda motor banyak yang berjatuhan. Mobil yang melintas pun tidak jarang terjebak tebalnya lumpur di jalan.

Fatkhul Muin juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten Kuansing  segera turun tangan dan jalan diperbaiki. "Itu jalan produksi penghubung antar desa," kata dia.

Dia menjelaskan, khususnya di Kecamatan Singingi ada beberapa perusahaan. Seandainya CSR dibayarkan perusahan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, maka jalan rusak bisa diperbaiki dengan dana CSR tersebut, sehingga jalan tak macam kubangan kerbau. (RM)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama