Wakil Bupati Pasaman Apresiasi P5 dan Pentas Seni SMAN 2 Lubuk Sikaping

Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS beri sambutan 


PASAMAN-Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS apresiasi P5 dan pentas seni yang diadakan di SMAN 2 Lubuk Sikaping. Kegiatan tersebut berlangsung Kamis lalu


"Kegiatan P5 dan pentas seni ini sangat aplikatif dan meski dijadikan aset pelestarian budaya untuk nilai tambah daya tarik wisata di Pasaman," kata Sabar kepada media di rumah dinasnya, Sabtu (17/7/2023). 

Wakil bupati menyampaikan, pentas seni  tersebut bukti nyata komitmen dan kesungguhan pihak sekolah dalam mengimplemtasikan kurikulum merdeka belajar.

SMAN 2 Lubuk Sikaping, kata Sabar AS, melaksanakan P5 dan Pentas Seni tersebut dalam bentuk festival dalam rangka pekan raya SMA 2 Lubuk Sikaping. 

"Festival yang mereka angkat memiliki brand yang kuat tekait kearifan lokal dengan mengembangkan  kreativitas seni budaya. Pertunjukan yang dilakukan merupakan bukti nyata komitmen dan kesungguhan pihak sekolah dalam mengimplemtasikan kurikulum merdeka belajar," kata Sabar AS.

Sebagai bentuk apresiasinya, Sabar AS meminta penampilan siswa-siswi SMAN 2 Lubuk Sikaping ditampilkan secara rutin di auditorium belakang ruko Lubuk Sikaping sebagai ajang promosi dan aplikatif pembelajaran sekolah tersebut. 

"Saya harapkan kedepan penampilan siswa itu diadakan juga secara rutin di auditorium belakang ruko Lubuk Sikaping untuk  meningkatkan promosi, yang sejalan dengan pengembangan periwisata Pasaman yang sedang digalakkan," kata Sabar AS.

P5 merupakan sebuah inisiatif yang mendorong pelajar untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam program Merdeka Belajar. SMAN 2 Lubuk Sikaping telah dipilih sebagai sekolah dengan kurikulum merdeka belajar selama dua tahun terakhir.

Dari kegiatan yang dilaksanakan akan ditampilkan berbagai pertunjukan menarik, mulai dari tari pasambahan hingga proses pesta perkawinan ala Minangkabau yang kental dengan budaya Lubuk Sikaping.

Selain itu, ada juga kegiatan kewirausahaan yang mengangkat masakan tradisional dengan sentuhan kekinian. Tidak ketinggalan, para pelajar juga menyajikan video kreatif yang menunjukkan pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pembelajaran.

Kepala SMAN 2 Lubuk Sikaping, Ferry Gustin menjelaskan, sekolahnya telah berhasil mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar dengan sukses. 

Melalui acara ini, kata kepala sekolah, pihaknya berusaha mengangkat kekayaan budaya Minangkabau dan menghadirkan budayawan Sumatera Barat yang ahli dalam seni dan kebudayaan. "Selain itu, kami juga memiliki guru yang berkompeten dalam bidang keterampilan dan seni rupa," katanya.

Dengan semangat merdeka belajar dan nilai-nilai Pancasila yang dipegang teguh, SMAN 2 Lubuk Sikaping berharap acara Supere Aude Art Festival dapat menjadi ajang yang inspiratif dan memberikan motivasi kepada para pelajar untuk terus berkembang dalam belajar serta menghargai warisan budaya. (e)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama