Bupati dan Wabup Kaimana Hadiri Pemasangan Tiang Alif Masjid Nurul Anshar

 Bupati Freddy Thie dan Wakil Bupati Hasbullah Furuada dan jajaran forkopimda bersama masyarakat ikuti prosesi adat


KAIMANA-Serangkaian prosesi warnai pemasangan Tiang Alif Masjid Nurul Anshar. Prosesi adat dimulai dari Masjid Kampung Seram, Tiang Alif diserahkan oleh Raja Namatota dan Raja Sran kepada Pemerintah Kabupaten Kaimana, melalui Bupati Bupati Freddy Thie dan Wakil Bupati Hasbulla Furuada yang kemudian bersama masyarakat diantarkan ke Masjid Nurul Anshar, Air Mera, Sabtu (29/7/2023).


Hadir dalam acara tersebut, Bupati Freddy Thie dan Wakil Bupati Hasbullah Furuada serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Bupati dan babup bersama ratusan warga mengiringi Tiang Alif yang selanjutnya dipancangkan di kubah Masjid Nurul Anshar.

Wakil Bupati Hasbullah mewakili pemerintah daerah berterima kasih kepada ketua panitia pembangunan ,asjid, para remaja masjid dan seluruh masyarakat yang telah mengembalikan ritual yang sekian lama hilang di Kaimana.

"Hari ini tradisi pemancangan Tiang Alif pada Masjid Nurul Anshar membuktikan kita mampu mengembalikan jati diri masyarakat Kaimana," katanya.

Wakil bupati menyampaikan, penancapan Tiang Alif sebagai bukti toleransi di Kaimana begitu indah. Nilai toleransi beragama di Kaimana sebagai warisan leluhur terus dijaga dan dibuktikan dengan momen penancapan Tiang Alif.

"Momen penancapan tiang alif ini adalah momen toleransi karena melibatkan berbagai agama dalam prosesi ini," tegas Hasbulla.

Dia menyampaikan bagaimana pemda terus berupaya memberikan perhatian kepada umat beragama di Kaimana. 

"Tadi Pak Bupati bisik-bisik ke saya, nanti (Masjid Nurul Anshar) akan dibantu Rp100 juta, begitupula terkait akses dari jalan raya menuju ke masjid akan diperbaiki," kata wakil bupati.

Pemerintah Kabupaten Kaimana selama kurang dari tiga tahun ini telah membantu umat beragama untuk melaksanakan ibadah keagamaan seperti wisata rohani KKR, haji, umrah dan sebagainya.

Berkaitan dengan pembangunan Masjid Nurul Anshar, telah tersedia anggaran Rp63 juta. Ketua Panitia, Firman Naim menyebutkan dana Rp63 juta bersumber dari sumbangan umat Islam di seluruh Kaimana. (farid)


#HumasPemdaKaimama

#Bupati #FreddyThie

#PemasanganTiangAlifMasjidNurulAnshar

#KaimanaMaju

#KaimanaAdil

#KaimanaSejahtera


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama