Gubernur Lepas Dua Pelajar Sumbar Jadi Anggota Paskibraka Nasional

 Gubernur Mahyeldi bersama Alfin Alfarisi (siswa SMA Negeri 1 Padang) dan Afifah Rinra Putri (siswi SMA Negeri 1 Payakumbuh).


PADANG-Gubernur Mahyeldi Ansharullah melepas keberangkatan dua pelajar terbaik Sumbar untuk mengemban tugas sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Istana Negara.


Bila tak ada aral melintang, peringatan HUT RI akan diadakan di IKN, Kalimantan pada 17 Agustus mendatang. Kalau tak jadi IKN, peringatan HUT RI dipastikan di Istana Negara.

Kepada mereka, gubernur pesankan dua hal, yakni jaga nama baik daerah dan jalankan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Jaga nama baik daerah dan tunaikanlah amanah dengan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Gubernur Mahyeldi saat melepas di Istana Gubernuran, Padang. Kamis (13/7/2023).

Gubernur menyadari, menjadi perwakilan Paskibraka di tingkat nasional itu tidak mudah, para siswa mesti melewati berbagai proses seleksi secara bertingkat, mulai dari kecamatan, kabupaten hingga provinsi. 

Kenapa demikian ketat, karena ada amanah besar yang akan dituntaskannya saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia nanti. Untuk itu siswa-siswi harus mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari. Setelah terpilih pun mereka diharuskan menjaga fisik dan mentalnya selama masa pembekalan berjalan.

“Meskipun ananda adalah orang terpilih, tapi jangan sombong dan lupa diri, tetaplah berlatih dan berdoa. Jaga fokus dan kesehatan. Berikanlah yang terbaik untuk Indonesia,” kata Mahyeldi.

Dua pelajar itu, Alfin Alfarisi (siswa SMA Negeri 1 Padang) dan Afifah Rinra Putri (siswi SMA Negeri 1 Payakumbuh).

Mahyeldi berpesan selain menjalankan tugas dengan baik mereka juga harus memanfaatkan momentum langka ini sebagai ajang perluasan jaringan dan perekat silaturahim, baik antar sesama anggota paskibraka nasional maupun dengan lingkungan. Menurutnya, silaturahim itu akan mempermudah kehidupan siapapun kedepannya.

"Yang terpenting jaga kesehatan dan silaturahim dengan seluruh anggota Paskibraka dari seluruh provinsi, pelatih, dan semua pihak yang terlibat. Jadikanlah mereka bahagian dari kekuatan untuk meniti masa depan," kata Gubernur Mahyeldi.

Alfin Alfarisi menyatakan kesiapannya untuk menjalankan tugas dengan optimal untuk mengharumkan nama daerah di tingkat nasional.

"Siap Pak Gubernur, kita akan memberikan dan menampilkan yang terbaik bangsa, agar nama Sumbar semakin harum ditingkat nasional," tegas Alfin.

Afifah Rinra Putri menjelaskan, selain akan bertugas sebagai anggota paskibraka, sesampai di Istana Negara nantinya, mereka juga akan menampilkan tarian tradisional Minangkabau (tari piring) sebagai bahagian dari pengenalan budaya daerah, kepada para perwakilan provinsi lainnya. 

Ia mohon doa restu dari seluruh masyarakat Sumbar agar bisa maksimal dan lancar dalam setiap rangkaian kegiatan tersebut.

Sebelumnya, ada 56 siswa SMA/SMK dan sederajat dari seluruh kabupaten/kota se-Sumbar yang lolos ke tahapan seleksi perwakilan provinsi untuk nasional. Setelah proses seleksi itu tuntas, didapati dua lolos untuk menjadi anggota paskibraka nasional dan 54 lainnya menjadi anggota paskibra di provinsi. (adpsb)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama