Pacu Jalur Digelar Lagi, Masyarakat Diminta Jaga Kebersihan Tepian Narosa Teluk Kuantan

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemkab Kuansing, Azhar Ali


KUANSING-Pacu jalur kembali digelar di Kuansing dalam waktu dekat. Tercatat, 15 kedutaan besar akan datang ke kegiatan tahunan yang diadakan pemerintah kabupaten tersebut.


Kepala Kebudayaan dan Pariwisata Pemkab Kuansing, Azhar Ali mengajak masyarakat selalu menjaga dan melestarikan budaya pacu jalur yang diwariskan nenek moyang terdahulu yang kini masih eksis dan dikenal hingga ke mancanegara.

Tepian Narosa Teluk Kuantan sudah menjadi arena wisata Kuantan Singingi. Sebagai gelanggang pacu jalur, maka kawasan itu  harus dijaga dengan baik.

"Marilah kita selalu menjaga kelestarian Sungai Kuantan dengan cara jangan membuang sampah ke sungai," katanya, Selasa (11/7/2023).

Pacu jalur di Tepian Narosa akan berlangsung sekitar satu bulan lebih. "Sejak dini kita akan membersihkan arena di sepanjang tepian itu," kata dia.

Ditambahkan, setiap tahun pemerintah kabupaten, khususnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kuansing berupaya  kunjungan wisatawan terus bertambah, baik lokal maupun asing.

Khusus untuk pacu jalur tahun ini, jasa biro travel menyampaikan kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, bahwa di hari terakhir nanti ada satu bis turis mancanegara untuk menyaksikan pacu jalur.

"Ini suatu peningkatan dari tahun sebelumnya. Kami akan menyediakan lahan parkir mereka. Tentunya kita memberikan kesan yang baik kepada turis mancanegara tersebut," katanya.

Pihaknya juga mensolisasikan kepada pemilik hotel bagaimana cara melayani tamu orang luar dengan baik. Karena tujuan akhir dari pariwisata itu adalah bagaimana orang bisa datang ke Kuantan Singingi berkali-kali untuk melihat pacu jalur.

Terkait dengan kondisi jembatan gantung yang banyak berlubang dan rapuh yang ada di arena pacu jalur tepian Narosa Teluk, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan berkoordinasi dengan pihak Dinas PUPR Kuansing dalam dekat. (R. Magribi)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama