Pemerintah Desa Danau Beli 24 Sapi untuk Dipelihara Masyarakat

Penyerahan sapi kepada masyarakat.


KUANSING-Pemerintah Desa Danau, Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, Kuansing, Riau melalui program ketahanan pangan memberikan bantuan sapi untuk kelompok peternak di desa tersebut.


Bantuan sapi pada 2020 dengan pengadaan sapi bali 16 ekor dengan anggaran Rp206.393.000. Dana sebanyak itu juga mencakup honor TPK, biaya pelatihan kelompok, obat-obatan, ATK serta makan dan minum.

Pada 2021 pengadaan sapi bali delapan ekor dengan pagu dana Rp88 juta. Dana sebanyak itu juga mencakup  honor TPK,  obat-obatan, serta makan dan minum.

Bantuan 24 sapi itu bersumber dari Dana Desa anggaran 2020-2021. Sapi sudah disalurkan kepada masyarakat sejak dua tahun lalu. 

Kepala Desa Danau, Raja Yosi  menyampaikan, program ketahanan pangan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Bantuan bibit sapi itu juga sebagai upaya pemerintah desa untuk pengembangan ternak sapi untuk masyarakat. Dia berharap populasi sapi di Desa Danau bertambah banyak dan mengangkat kesejahteraan warganya.

"Masing-masing penerima memelihara satu sapi," katanya, Rabu (5/7/2023).

Diharapkan masyarakat memelihara sapi dengan baik. "Kita lakukan pola perguliran, ketika sapi-sapi beranak selanjutnya induknya terus digulirkan ke peternak lain," katanya.

Ditambahkan,  tahun ini ada empat sapi yang mau dikembalikan peternak mengembalikan hasil dari pengembang biakan dan empat sapi tersebut akan kita berikan kepada masyarakat lainnya yang belum mempunyai sapi. 

"Pola ini akan berkesinambungan," ujar Raja Yosi. (R.Magribi)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama