Bantu Masyarakat, Mahasiswa KKN-PPM Unand Upgrade Studio Podcast Desa Talawi Hilie

Mahasiswa KKN Unand Podcast Talawi Hilie


SAWAHLUNTO-Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Andalas membantu masyarajat dengan meng-upgrade teknologi di Desa Talawi Hilie, Kecamatan Talawi Hilie, Kota Sawahlunto melalui pembaharuan studio podcast konten dan juga tema podcast milik desa.


KKN ini dibimbing oleh Dr. Ifmalinda, STP, MP yang merupakan dosen Teknologi Pertanian Unand.

Ketua Program Kerja Podcast, Dea Ayu Putri  mengungkapkan pembaharuan studio podcast dilakukan dalam bentuk pembaharuan total, seperti: pergantian ruang, penambahan alat-alat set podcast seperti mic, headphone, lighting, sound system, dan tripod, selain itu kami juga menambahkan berupaa walpaper dinding yang menarik serta hiasan dinding menarik untuk menambah kesan artistik di studio.

Selain itu, mahasiswa juga melakukan pembaharuan dalam bagian konten dan juga tema podcast yang akan di upload. Pembaharuan dalam bagian konten yang dimaksud adalah pembaharuan dalam pengambilan konten termasuk tata kamera, sound dan juga editing video, yang mana kami juga membuat opening dan closing konten yang baru serta pastinya menarik di mata masyarakat.

Sementara dalam hal tema, mahasiswa KKN membuat tema yang terbaru yaitu dari sebelumnya memiliki singkatan BBD (bincang–bincang desa) , berubah menjadi BISA (bincang-bincang desa). 

"Tagline podcast juga tidak lupa kami perbarui dari Podcast Talawi Hilie InsyaAllah Bisa, menjadi Informasi, Edukasi Membuka Wawasan Anak Negeri. Tentunya hal ini mendapat respon positif dari perangkat maupun masyarakat Desa Tawali Hilie," kata Dea Ayu Putri.

 Pembaharuan studio, konten serta tema podcast ini mendapat respon positif dari perangkat  maupun warga desa Talawi Hilie, hal ini bisa terlihat dari raut wajah perangkat desa saat menyaksikan secara langsung studio podcast setelah selesai di renovasi dan juga bisa dilihat dari semakin banyaknya antusias masyarakat desa untuk menonton podcast melalui platform Facebook, Instagram, Youtube serta  Tiktok.

Podcast ini juga menjadi salah satu bagian dari program kerja Iptek mahasiswa KKN yang diketuai Dea Ayu Putri yang merupakan mahasiswa S1 Gizi serta sebagai sekretaris, Dea Ananda yang merupakan mahasiswa S1 Ilmu Politik. 

"Kami sudah menayangkan delapan episode podcast yang bisa disaksikan di berbagai platform. Tentunya dari pembaharuan podcast ini, kami mahasiswa KKN-PPM UNAND Desa Talawi Hilie berharap pembaharuan ini bisa bermanfat bagi masyarakat Desa Talawi Hilie serta membantu perekonomian masyarakat Desa dari bidang teknologi," kata dia.  (Dea Ayu Putri dan Dea Ananda, Mahasiswa KKN-PPM Unand 2023 Desa Talawi Hilie)  



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama