Cegah Stunting, Mahasiswa KKN Unand Beri Penyuluhan Melalui Games Isi Piringku

Mahasiswa dan ibu-ibu yang ikut program dasawisma

SAWAHLUNTO-Mahasiswa KKN Unand di Desa Talawi Hilie berikan penyuluhan tentang pencegahan stunting di Desa Talawi Hilie, Kota Sawahlunto. Edukasi itu ditujukan untuk membantu anak tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal, dengan kemampuan emosional, sosial dan fisik untuk siap belajar. KKN ini dibimbing oleh Dr. Ifmalinda, STP, MP yang merupakan Teknologi Pertanian Unand.


Stunting dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak serta akan berdampak negatif pada kehidupan mereka dimasa depan. Mahasiswa KKN Universitas Andalas melakukan sosialisasi pencegahan stunting melalui media games 'isi piringku.' 

Mahasiswa berkolaborasi dengan puskesmas setempat.  Di puskesmas memiliki program program kerja yang dilaksanakan setiap bulannya dimana ibu dan anak mendapatkan pemeriksaan kesehatan rutin serta informasi gizi dan stunting. Namun masih banyaknya terdapat kendala dalam menyampaikan informasi dengan cara menarik dan mudah dipahami oleh masyarakat.

Penyuluhan dilaksanakan, Senin, 17 Juli 2023 di Posyandu Mawar Putih 2 ini. Mahasiswa KKN UNAND menggunakan media games isi piringku yang menyampaikan informasi tentang pentingnya gizi seimbang dan variasi makanan sehingga dapat mencegah stunting, dan games ini dapat membantu masyarakat terutama ibu-ibu yang memiliki anak bayi dan balita dalam memilih makanan yang sehat dan bergizi.

Dalam games itu, kaum ibu diajak untuk memilih makanan dari berbagai kelompok makanan yang ada di atas piring. Kemudian, mereka harus memastikan piring mereka terisi dengan makanan yang seimbang dan mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. 

Dengan menggunakan games itu, mahasiswa dapat membuat sesi penyuluhan menjadi lebih menarik dan interaktif. Ibu-ibu dan anak-anak dapat langsung berpartisipasi dalam permainan dan mempraktikkan pemilihan makanan yang sehat. 

Selain itu, games itu juga memberikan informasi yang mudah dipahami tentang kandungan nutrisi dalam makanan, sehingga masyarakat dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam memilih makanan untuk keluarga mereka.

Para ibu yang mengikuti kegiatan ini penyuluhan ini sangat aktif dan semangat. Mereka merasa senang dapat belajar tentang pentingnya gizi seimbang dan variasi makanan melalui media yang menarik dan interaktif. Mereka juga merasa terlibat secara aktif dalam kegiatan penyuluhan dan dapat langsung mempraktikkan apa yang mereka pelajari. (Ulia Desman dan Silvi Refzunia, Mahasiswa KKN-PPM Unand 2023 Desa Talawi Hilie)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama