Guru Besar Ekonomi Unand Firwan Tan, Launching Buku Terbaru




Prof. Dr. Firwan Tan., SE, M.Ec, DEA.Ing., CRBC

PADANG- Seorang ahli ekonomi ternama, Guru besar ekonomi Universitas Andalas, Prof. Dr. Firwan Tan., SE, M.Ec, DEA.Ing., CRBC., resmi meluncurkan buku terbarunya yang berjudul "RENCANA AKSI PENGEMBANGAN EKONOMI RAKYAT: Teori, Fakta, dan Aplikasi." Kegiatan ini diselenggarakan pada Selasa, 08 Agustus 2023 di Gedung Convention Hall Universitas Andalas.

Buku ini memiliki latar belakang yang unik, beberapa bagian di dalamnya diadopsi dari buku yang pernah ditulis bersama dengan Prof. Dr. Syamsurijal Tan, SE, MA, dengan judul “Perencanaan Pembangunan, Teori dan Implikasi Pada Pembangunan Daerah," yang diterbitkan oleh Universitas Negeri Jambi pada tahun 2010. Kedalaman pengalaman dan pengetahuan dari kedua penulis tersebut memberikan pondasi kokoh bagi isi buku yang berfokus pada perencanaan ekonomi.

Buku ini menjelajahi aspek penting dalam ilmu perencanaan ekonomi, yang menjadi kunci pemecahan berbagai permasalahan ekonomi yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Dengan pemahaman mendalam tentang teori dan aplikasi, Prof. Dr. Firwan Tan membawa pembaca untuk memahami pentingnya menggarap perencanaan ekonomi secara efektif.

“Perencanaan ekonomi merupakan aspek keilmuan yang penting untuk didalami terutama bagi yang tertarik untuk menyelesaikan permasalahan ekonomi yang terjadi didalam kehidupan sehari- hari masyarakat,” ujar Prof. Dr. Firwan Tan.

Dikatakan Prof. Dr. Firwan Tan, salah satu poin penting yang ditekankan dalam buku ini adalah perlunya menghasilkan rencana aksi yang konkret dan relevan. Prof. Dr. Firwan Tan menjelaskan bahwa rencana aksi memiliki peran penting dalam menerjemahkan pemikiran kebijakan dan strategi pembangunan menjadi tindakan nyata. Buku ini menyoroti bahwa efektivitas rencana aksi akan semakin terasa ketika difokuskan pada penyelesaian permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat secara langsung.

Dalam buku ini, Prof. Dr. Firwan Tan memberikan contoh nyata tentang bagaimana menyusun rencana aksi untuk mengatasi tantangan ekonomi rakyat, khususnya dalam konteks pengentasan kemiskinan nelayan di wilayah pantai pesisir. Melalui pandangannya yang tajam dan pengalaman luas, penulis mengajak pembaca untuk memahami bagaimana menerapkan konsep perencanaan ekonomi dalam skenario nyata.

Peluncuran buku ini dihadiri oleh sejumlah akademisi, mahasiswa, dan pejabat universitas. Proses bedah buku memberikan kesempatan bagi peserta untuk secara lebih mendalam memperoleh pemahaman tentang konsep dan ide yang disajikan dalam buku tersebut.


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama