Mahasiswa KKN Unand Ajarkan Pembuatan Hidroponik pada Kelompok Dasawisma di Desa Talawi Hilie

Foto bersama usai pelatihan hidroponik

SAWAHLUNTO-Mahasiswa KKN PPM Universitas Andalas di bawah bimbingan Dr. Ifmalinda S. TP, MP ajarkan tentang hidroponik skala rumah tangga kepada anggota kelompok Dasawisma Simpang Jodoh di Dusun Siambalau, Desa Talawi Hilie.


Sebagian besar anggota kelompok dasawisma itu kurang mengetahui tentang hidroponik, baik dari segi pengetahuan dan cara pembuatannya. 

Hidroponik atau tirta tani adalah salah satu metode dalam budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan hara nutrisi bagi tanaman. 

Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Mahasiswa KKN PPM Universitas Andalas memberikan ilmu sederhana yang didapatkan dari pengalaman pribadi mengenai cara pembuatan hidroponik dengan skala rumah tangga. Kegiatan ini dilakukan dengan cara sosialisasi dan demo pembuatan hidroponik dengan berskala rumah tangga.

Dengan sosialisasi dan demo cara pembuatan hidroponik berskala rumah tangga ini, diharapkan kelompok Dasawisma Simpang Jodoh dapat memanfaatkan hidroponik dengan cara sederhana dengan memanfaatkan dari botol-botol sebagai tempat atau wadah yang mudah didapatkan sehingga menghemat biaya sekaligus membantu masyarakat memanfaatkan lahan sempit untuk bercocok tanam.

Manfaat hidroponik adalah keluarga bebas dari pestisida, dapat ditanam di lahan sempit, pemakaian pupuk lebih hemat, media tanam dapat digunakan berulang ulang, aplikasi mudah,dan bisa untuk meningkatkan penghasilan keluarga.

Selain itu, hidroponik lebih menyenangkan, dapat berkreasi dan bisa memperbarui sendiri. (Wila Safira, Mahasiswa KKN PPM Unand 2023 di Desa Talawi Hilie)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama