Mahasiswa KKN Unand Bantu Kaum Ibu Kembangkan Dasawisma di Desa Talawi Hilie

Mahasiswa bersama ibu-ibu anggota dasawisma

SAWAHLUNTO-Mahasiswa KKN PPM Unand di Desa Talawi Hilie, Kota Sawahlunto berkolaborasi dengan ibu-ibu Dusun Siam Balau melakukan kegiatan dasawisma setiap pekan di kebun milik kelompok dasawisma. KKN ini dibimbing oleh Dr. Ifmalinda, STP, MP yang merupakan Teknologi Pertanian Unand.


Kegiatan ini merupakan program kerja sosmas (sosial-masyarakat) dari kelompok KKN PPM Unand 2023. Kegiatan dasawisma bersama mahasiswa KKN Unand telah dilakukan empat kali.

Hafizul Ihsan sebagai ketua proker menyampaikan antusias dari kaum ibu Dusun sangat tinggi. "Kami sebagai mahasiswa diterima dengan sangat baik," katanya.

Kegiatan yang dilakukan antara lain, membersihkan kebun dasawisma, menanam dan menyiang tanaman, hingga memupuk tanaman. Tanaman di kebun dasawisma bervariasi, mulai dari tanaman hortikultura seperti, cabai, kangkung, bawang merah, terong, tanaman obat hingga tanaman kebun, seperti pepaya.

Mahasiswa KKN, Rahmi Padilah menambahkan, selain membantu ibu-ibu dasawisma berkebun, mahasiswa juga turut membantu dalam memberi informasi dan pengetahuan terkait pertanian kepada ibu-ibu anggota yang bertanya, seperti tanaman yang cocok untuk kondisi tanah, cara membuat pupuk dan pestisida alami, hingga jarak tanam ideal bagi tanaman.

Mahasiswa lainya, Willa Safira memberikan beberapa bibit tanaman yang dibawa untuk ditanam di kebun dasawisma. Mahasiswa berharap ibu ibu dasawisma bisa lebih termotivasi untuk menanam tanaman yang bervariasi dengan tata cara yang benar dan menggunakan bahan alami sebagai pupuk dan pestisida, sehingga lebih menguntungkan secara ekologi, sosial, dan ekonomi. (Hafizul Ihsan Mahasiswa KKN PPM UNAND 2023 Desa Talawi Hilie)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama