Mahasiswa KKN Unand Kenalkan Pestisida Nabati pada Kelompok Wanita Tani Arai Pinang di Desa Talawi Hilie

Mahasiswa KKN Unand kenalkan pestisida nabati pada masyarakat di Desa Talawi Hilie


SAWAHLUNTO-Mahasiswa KKN PPM Universitas Andalas di Desa Talawi Hilie, Kota Sawahlunto, di bawah bimbingan Dr. Ifmalinda S kenalkan sekaligus ajarkan pembuatan pestisida nabati pada Kelompok Wanita Tani Arai Pinang di Dusun Siambalau, Desa Talawi Hilie.


Ketua KKN, Dea Ananda menyebutkan, sebagian besar kelompok wanita tani di Desa Talawi Hilie kurang mengetahui bagaimana memanfaatkan dan cara pembuatan  pestisida nabati. 

Dijelaskan Dea, pestisida nabati merupakan pestisida yang berasal dari bahan-bahan alami, ramah lingkungan dan lebih hemat. Bila dibandingkan dengan penggunaan pestisida kimia bisa berbahaya bagi lingkungan, seperti dapat merusak unsur hara tanah jika digunakan secara berlebihan  dalam jangka waktu yang panjang dan akan berbahya jika dikonsumsi oleh manusia. 

Sedangkan  pestisida nabati nabati lebih ramah lingkungan dan bahannya mudah didapat serta tidak berbahaya bagi kesehatan masyarakat dan lingkungan karena sebagian besar masyarakat lebih banyak menggunakan pestisida kimia daripada menggunakan pestisida dari bahan alami. 

Dilatarbelakangi kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai bahaya penggunaan pestisida kimia bagi kesehatan masyarakat, mahasiswa KKN PPM Universitas Andalas memberikan sosialisasi dan demonstrasi mengenai penggunaan pestisida nabati. 

"Dengan sosialisasi dan demonstrasi ini, diharapkan agar masyarakat dapat  memanfaatkan bahan alami sebagai pestisida yang lebih ramah lingkungan dan  tidak berbahaya bagi kesehatan masyarakat, sehingga makanan yang dikonsumsi dari hasil pertanian tidak menyebabkan masalah kesehatan di masyarakat. Jangan sampai masyarakat kurang memanfaat bahan alami  yang dapat digunakan untuk membasmi hama pada tanaman," kata Dea. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama