Nasib Timnas Indonesia Ditentukan Malaysia dan Vietnam

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (bola.net)

PADANG-Pecinta sepakbola Indonesia mengaku kasihan dengan tim nasional yang berlaga pada AFF U-23 kali ini. Dalam kejuaraan yang berlangsung di Thailand itu, nasib pasukan Shin Tae-yong sangat bergantung pada negara lain.


Terlalu terjal jalan ke semifinal menyusul hasil tak meyakinkan. Kalah di laga pertama atas Malaysia dan gagal cetak banyak gol ke gawang Timor Leste. "Kasihan kita dengan timnas. Mereka sepertinya menanti tanpa kepastian," kata Suparman, pecinta timnas di Padang, Selasa (22/8/2023).

Dia menyebutkan, penampilan timnas kali ini tak meyakinkan. Sekelas pemain nasional saja tak pandai menyepak bola. Begitu hendak mencetak gol, bola melambung tinggi di atas gawang. "Kok bisa pemain nasional seperti itu," tanya dia.

Dikatakan, sejak awal, pembentukan tim nasional sudah sarat dengan masalah. Ada pelatih klub yang tak mengizinkan pemain ke tim nasional. Timnas yang berangkat ke Thailand dengan materi apa adanya.

Hasilnya, tergambar sudah dari penampilan di dua laga. Permainan tim nasional tak jelas polanya. Sering salah oper, bola dikejar ke mana-mana, padahal dalam filosofinya, bola harus dikendalikan dan dikuasai.

"Penyakit lama juga terulang, ada pemain yang terlalu egois," katanya.

Suparman berharap, semoga keberuntungan berpihak ke timnas, sehingga bisa ke semifinal. "Betul-betul kasihan kita dengan timnas kali ini," ujarnya. 

Malam ini, nasib Indonesia ditentukan oleh Vietnam dan Malaysia. Jika keduanya menang atas lawa masing-masing, selamatlah Indonesia. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama