Penyandang Diabetes Berumur di Bawah 18 Melonjak 70 Kali Lipat

 Talkshow tentang penyakit diabetes


JAKARTA-Kesehatan merupakan aset berharga yang harus dijaga dengan baik. Salah satu tantangan besar dalam era modern ini adalah meningkatnya jumlah kasus diabetes di seluruh dunia. 


Akibat pandemi yang terjadi tiga tahun lalu, membawa perubahan pada gaya hidup anak muda menjadi lebih sering mengonsumsi makanan ringan dan minuman yang mengandung gula tinggi. Oleh karena itu, sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat dan mencegah diabetes melalui edukasi yang tepat.

Berdasarkan data Kemenkes RI dan Good Stats Nasional 2023, sekitar 40 persen masyarakat Indonesia biasa menyantap makanan manis dan 61 persen mengonsumsi minuman manis lebih dari satu kali per hari. Hal ini menjadi salah satu akibat Indonesia masuk ke dalam 10 besar negara ASEAN dengan penyandang diabetes tertinggi di dunia. Selain itu, pada 2023 penyandang diabet berumur di bawah 18 tahun melonjak 70 kali lipat dari 2010.

Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat dan mencegah diabetes di kalangan anak muda, mahasiswa MKTC24-2SP LSPR bersama komunitas Sobat Diabet menyelenggarakan kegiatan edukatif yang dikemas secara fun dan colorful bernama diabetter: better life with less sugar. Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan kewaspadaan akan bahaya diabetes serta membangun kesadaran anak muda agar terhindar dari diabetes dini. Selain itu, melalui acara ini juga menjadi wadah bagi para teman-teman penyandang diabetes untuk mendapatkan dukungan dari sesama pejuang diabetes.

Diabetter 2023 ini terbagi menjadi dua tahapan, pre-event dan main event. Pada pre event diadakan kegiatan 3 days fit challenges dan jalan sehat bertemakan walkie healthy, road to diabetter. Puncak acara diselenggarakan pada Sabtu, 5 Agustus 2023, dibuka dengan talkshow interaktif yang menghadirkan dokter dari komunitas Sobat Diabet yaitu dr. William Djauhari dan influencer yang memiliki ketertarikan dalam dunia olahraga, yaitu Okky Alparessi.

Topik acara yang dibawakan pada talkshow yaitu seputar diabetes dan gaya hidup sehat, serta makanan sehat dengan kandungan gula yang rendah untuk membangun kesadaran anak muda agar terhindar dari diabetes dini. Selanjutnya, terdapat aktivitas olahraga yang sedang populer di kalangan anak muda yaitu pound fit dan body combat, cek gula darah secara gratis, serta penampilan live music sebagai pemeriah acara.

Komunitas Sobat Diabet adalah komunitas anak muda dengan fokus kegiatan pencegahan (preventif) diabetes dan dukungan (suportif) untuk para penyandang diabetes. 

Sobat Diabet merupakan komunitas yang didirikan oleh Dr. Rudy Kurniawan yang didasari oleh semakin meningkatnya penyandang diabetes di usia muda dan rasa inisiatif dalam membuat gerakan sehat yang berdampak untuk anak muda. Terbentuk sejak 2014, dengan fokus untuk melakukan pencegahan diabetes dan berfokus dengan gaya hidup sehat tetapi tetap menyenangkan. (rls)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama