Program KKN Mengajar, Mahasiswa Universitas Andalas Beri Pelatihan Bahasa Inggris untuk Anak

Mahasiswa bersama anak-anak yang ikut pelatihan

SAWAHLUNTO-Salah satu program kuliah kerja nyata (KKN) dari kelompok mahasiswa Universitas Andalas di Talawi Hilie, Kota Sawahlunto adalah mengajar Bahasa Inggris. Pelatihan diadakan di TPQ Surau Baanjung. KKN ini dibimbing oleh Dr. Ifmalinda, STP, MP yang merupakan Teknologi Pertanian Unand.


Program ini bertujuan untuk memberikan pelatihan Bahasa Inggris dan juga keterampilan berbicara di depan umum kepada anak-anak guna meningkatkan kemampuan komunikasi mereka.

Sebanyak 10 mahasiswa tergabung dalam program KKN mengajar Bahasa Inggris ini. Mereka menghabiskan satu bulan untuk aktif terlibat dalam kegiatan belajar mengajar di TPQ Surau Baanjung. 

Dalam program ini, mahasiswa berfokus pada pengajaran dan pelatihan public speaking untuk anak-anak.

Mahasiswa menerapkan metode pengajaran yang inovatif dan efektif untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris dan keterampilan berbicara di depan umum. Mahasiswa menggunakan teknik pengajaran yang menarik,  yaitu berbagai permainan seperti tebak kata, seni origami, menggambar, dan teka-teki silang, selanjutnya juga ada diskusi kelompok dan nonton bersama.

Kegiatan ini juga melibatkan partisipasi aktif anak-anak dalam berbagai kegiatan di luar kelas seperti pidato, diskusi kelompok, ataupun untuk kegiatan didikan subuh. Hal ini bertujuan memberi mereka kesempatan untuk mengaplikasikan keterampilan Bahasa Inggris dan public speaking yang telah dipelajari dalam situasi nyata.

Selama program KKN mengajar Bahasa Inggris, mahasiswa bekerja sama dengan guru-guru di TPQ Surau Baanjung untuk merancang dan melaksanakan kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak. 

Hasil dari program KKN ini sangat memuaskan. Anak-anak di TPQ Surau Baanjung menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan Bahasa Inggris dan keterampilan berbicara di depan umum mereka. Mereka juga lebih percaya diri dan mampu mengekspresikan pendapat dan ide mereka secara efektif.

Tim mahasiswa KKN berharap kontribusi mereka dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi anak-anak dan membuka peluang lebih luas di masa depan mereka. Program ini juga diharapkan dapat memotivasi perguruan tinggi lain untuk melibatkan mahasiswa dalam kegiatan KKN Mengajar Bahasa Inggris dan public speaking di berbagai daerah. (Nurul Shalihah Arnof, Mahasiswa KKN Unand 2023 Desa Talawi Hilie)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama