Tampil Memukau, Bupati Kuansing Jadi Timboruang Jalur Titian Akar Lubuak Balanti

Bupati Kuansing menjadi timboruang dalam pacu jalur


KUANSING-Bupati Kuantan Singingi, Suhardiman Amby tampil memukau dalam gelaran pacu jalur. Dia menarik perhatian pengunjung yang memadati Tepian Narosa Teluk Kuantan, Kamis (24/08/2023). Suhardiman Amby jadi timboruang jalur Titian Akar Lubuak Balanti.


Festival pacu jalur akan digelar 23-27 Agustus 2023. Sebelumnya pacu jalur dibuka Gubernur Riau yang diwakili oleh Sekretaris Daerah,  Sf Hariyanto.

Bupati Kuansing jadi perhatian warga yang berkumpul di sepanjang gelanggang Tepian Narosa menyaksikan Festival Pacu Jalur di hari kedua.

Bupati menjadi timboruang di jalur titian akar Lubuak Balanti dari Desa Kinali, Kecamatan Kuantan Mudik jalan sebelah kiri, berhadapan dengan jalur Datuak Panglimo Itam dari Desa Koto Cerenti, Kecamatan Cerenti jalan sebelah kanan.  Tim yang dikomandoi bupati bahkan memimpin terdepan.

Dikutip dari kuansing.go.id, ada beberapa syarat sebuah jalur yang menjadi identitas Budaya Kuansing, masing-masing anak tari tentunya barisan terdepan, di tengah antara anak pacuan, yaitu timboruang dan di belakang dinamai dengan tukang onjai, dan tentunya diisi sekitar 55-60 anak pacuan. Hal tersebut yang menjadikan identitas sebuah budaya pacu jalur Kuantan Singingi

Ketika berpacu, Bupati Kuansing Suhardiman Amby memberikan semangat kepada seluruh anak pacuan Titian Akar Lubuak Balanti.

Aksi Suhardiman Amby diberikan tepukan riuh oleh masyarakat. “Saya benar-benar takjub melihat antusias bupati menjadi timboruang, tentunya memberikan warna yang berbeda di festival pacu jalur ini,” ungkap salah satu masyarakat yang berada di tribun penonton, Darwis.

Hal yang sama disampaikan wisatawan dari Sumatra Barat, Fauzy 45. “Saya baru perdana melihat pacu jalur ini, bahkan Bupati Kuansing langsung ikut berpartisipasi terlibat dalam menghilirkan salah satu jalur masyarakat, yang membuat saya takjub seluruh anak pacuan selepas bertanding, bersalaman meskipun ada jalur yang menang atau kalah, artinya budaya pacu jalur mampu menjalin silaturahmi antar sesama, wajar pacu jalur di Kuantan Singingi mendunia,” tuturnya.

Event nasional Festival Pacu Jalur Tradisional 2023 diikuti 193 jalur, 63 jalur dari Kuantan Singingi dan 30 jalur berasal dari Indragiri Hulu (ridhomagribi)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama