Tuah Keramat Bukit Embun Juara Pacu Jalur di Tepian Narosa, Raih Piala Kemenparekraf

Tim berpacu pada babak final pacu jalur di Tepian Narosa


KUANSING-Tuah Keramat Bukit Embun dari Desa Gumanti, Indragiri Hulu keluar sebagai juara festival pacu jalur 2023 iven nasional di Tepian Narosa, Kuansing, Riau.

Tuah Keramat Bukit Embun jadi juara setelah menumbangkan jalur andalan Sekretaris Daerah Riau, Cakaran Garuda Muda KONI Riau pada partai final, Minggu (27/8/2023).

Dalam laga hidup mati ini, Tuah Keramat Bukit Embun yang berada di jalan kanan sempat tertinggal oleh Cakaran Garuda Muda KONI Riau dari Desa Sungaipinang. Namun, memasuki pancang ke-4, Tuah Keramat Bukit Embun mampu menyamakan haluannya.

Hingga pertengahan pancang ke-5, Tuah Keramat Bukit Embun memimpin. Kemenangan ini bisa dipertahankan oleh Tuah Keramat Bukit Embun hingga menembus garis finish.

Dengan demikian, Tuah Keramat Bukit Embun menjadi jawara Tepian Narosa 2023. Sedangkan Cakaran Garuda Muda KONI Riau harus puas sebagai runner up.

Sementara itu, perebutan juara III dan IV juga berlangsung sengit. Antara Sijontiak Lawuik Pulau Tanamo vs Bintang Emas Cahaya Intan.

Alhasil, Sijontiak Lawuik memenangkan pertarungan dan menempati posisi peringkat ketiga. Ia memaksa Bintang Emas bertengger di podium ke-4.

Festival Pacu Jalur yang diselenggarakan di Sungai Kuantan, Tapian Narosa ditutup Gubernur Syamsuar. Event ini disaksikan oleh puluhan ribu penonton, baik dari masyarakat Kuansing, wisatawan dalam negeri dan luar negeri. 

Gubernur Syamsuar berharap, momentum tersebut dapat menjadi suatu langkah promosi Riau baik di kancah nasional maupun internasional. Sehingga, bisa menjadi momentum untuk meningkatkan perekoniman masyarakat. Pemprov Riau sendiri mendukung penuh event Pacu Jalur yang juga termasuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf. 

"Ya harapan saya, dari kegiatan pacu jalur ini makin banyak lagi masyarakat berkunjung ke daerah kita ini. Sehingga, dari sini semoga ekonomi masyarakat juga semakin meningkat dan semakin sejahtera. Mudah-mudahan ini menjadi motivasi untuk para atlet dan saya harap terus berlatih, sehingga tahun depan kita bertemu lagi. Kami dari Pemerintah Provinsi Riau selalu mensupport kegiatan ini, seperti sekarang ada bantuan dan bonus yang kami berikan,” ujar Syamsuar. 

Pemprov Riau melalui Dinas Pariwisata, memberikan dukungan hadiah bagi jalur pemenang juara I, II dan III. Dengan total hadiah Rp180 Juta. Di mana untuk juara I sebesar Rp70 Juta, juara II Rp60 Juta dan juara III Rp50 Juta. Syamsuar sendiri juga memberikan bonus untuk tim pemenang. 

Juara 1 Tuah Keramat Bukit Embun mendapat Rp10 juta dan Juara 2 Cakaran Garuda Muda memperoleh Rp5 juta. Tak hanya itu saja, ia juga memberikan lima unit sepeda untuk penari pacu jalur terbaik. (ridhomaghribi)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama