Rang Solok Baralek Gadang, Tradisi Anak Nagari Jangan Sampai Punah

 Para tokoh hadiri Rang Solok Baralek Gadang


KOTA SOLOK-Kegiatan Rang Solok Baralek Gadang diawali dengan arak-arakan dari sasaran Silek Tuo Sinpia Sinapa Piliang menuju hamparan sawah Solok yang merupakan tempat berlansungnya Rang Solok Baralek Gadang. 


Wakil Wali Kota Ramadhani Kirana Putra ikuti prosesi turun ka sawah dan ikuti permainan anak nagari di antaranya silek, batuang gilo dan urang-urang sawah, Minggu (17/9/2023).

Kegiatan itu dihadiri Ketua LKAAM Kota Solok, Rusli Khatib Sulaiman, Ketua Bundo Kanduang Sitta Novembra, Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok, Milda Murniati, Camat Lubuk Sikarah dan Tanjung Harapan serta lurah.

Ketua LKAAM Rusli menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu kekayaan tradisi yang dimiliki masyarakat Kota Solok yang harus terus digali dan dilestarikan.

“Jangan sampai tradisi permainan anak nagari yang telah kita miliki ini sampai punah dan tergerus oleh perkembangan zaman. Oleh sebab itu, kegiatan anak nagari seperti ini harus kita dukung penuh,” ujar Rusli.

Wakil Wali Kota berikan apresiasi pada masyarakat Kelurahan Sinapa Piliang, khususnya Sasaran Silek Sinpia yang telah menginisiasi kegiatan ini.

“Festival Rang Solok Baralek Gadang merupakan salah satu event nasional yang kegiatannya adalah silek basilumuh, batuang gilo serta atraksi lainnya yang dilaksanakan di hamparan Sawah Solok. Kita berharap event ini tidak hanya dihadiri wisatawan di Sumatera Barat, tapi dari seluruh daerah di Indonesia bahkan mancanegara,” katanya.

Wakil wali kota ikut memainkan talempong pacik yang merupakan salah satu alat musik tradisional yang harus ada dalam atraksi ini. (SIS)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama