Sampah Diolah Jadi Tas Hingga Tempat Tisu di Bank Sampah Unit Kelok Salayang

Pemotongan tumpeng dia peringatan dua tahun BSU Kelok Salayang di Nagari Batang Barus, Kabupaten Solok


SOLOK-Bank Sampah Unit Kelok Salayang di Nagari Batang Barus memberi bukti kalau sampah bisa diolah jadi karya kreatif yang bisa bernilai ekonomi tinggi.


Kaum ibu di Nagari Batang Barus yang terletak di Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok aktif memilah dan memilih sampah. Bank sampah jadi aktivitas kaum ibu untuk membantu ekonomi keluarga.

Wali Nagari Batang Barus Syamsul Azwar memberikan apresiasi kepada pengurus BSU di wilayahnya yang pengurusnya didominasi kaum perempuan.

"Semangat kaum perempuan dalam mengelola BSU perlu mendapat apresiasi kita bersama, sebagai wali nagari kami sangat mengetahui perjuangan kaum petempuan dalam membantu mengurangi durasi sampah rumah tangga yang cenderung selalu meningkat," ujar Syamsul Azwar.

Ia menambahkan, BSU Kelok Salayang telah membangun kerjasama dengan sekolah sekolah dalam mengumpulkan sampah sampah plastik yang bisa disulap menjadi karya-karya kreatif, seperti tas, hiasan, tempat tisu dan banyak model lainnya.

"Sesuai kewenangan, Pemerintah Nagari Barus selain menfasilitasi juga membantu beberapa peralatan tepat guna untuk kebutuhan BSU dan kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup pelatihan budidaya maggot. Dua BSU yang telah dibentuk di Nagari Batang Barus akan selalu difasilitasi untuk pengembangannya yang mengarah pada peningkatan ekonomi kelompok BSU, baik dari pengelolaan sampah, maupun budidaya maggot dan peternakan ayam serta pengadaan bibit ikan," kata Syamsul Azwar. (ED)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama