Syamsul Azwar Serahkan Jabatan pada Syafri Anton, Ini Pesan Camat Gunung Talang

 Syamsul Azwar (kiri) menyerahkan tanggungjawab kepemimpinannya kepada Syafri Anton, ST (kanan)


SOLOK-Puluhan tokoh masyarakat, pimpinan lembaga dan organisasi di wilayah Nagari Batang Barus memenuhi dan memadati kantor wali nagari yang terletak di Lubuk Selasih, Minggu (24/9/2023) sore.


Di hadapan Camat Gunung Talang, Donly Wance Lubis, Syamsul Azwar yang telah menjabat 10 tahun di nagari itu menyerahkan seluruh tanggung jawab Pemerintah Nagari Batang Barus pada Syafri Anton, yang merupakan pegawai fungsional pada Dinas Perumahan dan Pemukiman Rakyat Pemerintah Kabupaten Solok.

Serah terima jabatan itu berlangsung haru dan gembira. Suasana kebatinan mereka yang hadir campur aduk.

"Bapisah bukanlah bacarai, setelah sepuluh tahun, usai sudah tugas saya sebagai Wali Nagari Batang Barus, namun bukanlah akhir dari pengabdian kita untuk nagari tercinta ini. Atas nama pribadi dan keluarga, saya mohon maaf bila selama memimpin Nagari Batang Barus terselip khilaf, salah dan masih banyak kekurangan," ujar Syamsul Azwar.

Sejak Nagari Batang Barus dipimpin Syamsul Azwar, pada 2013 sampai 2023, kepemimpinnya dikenal banyak orang, harkat martabat Nagari Batang Barus tak bisa dipandang sebelah mata oleh nagari lain di Kabupaten Solok, bahkan di Sumatera Barat. 

Syamsul Azwar juga menjadi Ketua Umum Forum Walinagari (Forwana) Kabupaten Solok sejak 2013-2023. Beragam prestasi pemerintahan telah diperolehnya untuk nagari yang dipimpinnya it. 

Wali Nagari Indudur tiga periode, Zofrawandi  menyebut Syamsul Azwar sebagai pejuang. Ia menjelaskan, sepuluh tahun dia menjadi wali nagari dan bergabung di Forwana dengan Ketum Syamsul Azwar, banyak hal yang telah dilakukan dalam memperjuangkan hak-hak pemerintah nagari di Kabupaten Solok.

"Bahkan Pak Syamsul Azwar ikut langsung bersama kepala desa se-Indonesia menyuarakan aspirasi dari nagari hingga pemerintah pusat," katannya.

Ditambahkan Zofrawandi, selama Syamsul Azwar memimpin Forwana, banyak keberhasilan yang dicapai. "Pengurus Forwana mendorong Pemerintah Kabupaten Solok untuk meningkatkan besaran alokasi dana nagari dari tahun ke tahun," kata dia.

Ditambahkan, keseimbangan kesejahteraan walinagari dan perangkat nagari di Kabupaten Solok terus meningkat. "Perjuangan ini sangat kami rasakan, sosok Syamsul Azwar sangat memantaskan kami sebut sebagai pejuang nagari di Kabupaten Solok, " papar Zofrawandi yang menerima estafet untuk pimpin Forwana periode 2023-2026.

Ketua Majelis Ulama Nagari Batang Barus, Rudi Kalces menyampaikan, semoga segala kebaikan dan kiprah Syamsul Azwar di nagari menjadi bagian catatan amal ibadah. "Semoga Allah SWT menuntun dan meredhoi langkah pengabdian untuk nagari selanjutnya," kata dia.

Ketua Badan Permusyawaratan Nagari (BPN) Batang Barus, Jumahardi Malin Sati merupakan sosok panutan dan juga membimbing Syamsul Azwar untuk memajukan nagari. 

Wakil Ketua KAN Batang Barus, Munardi Malin Kayo menyampaikan, semoga kebaikan selama memimpin di Nagari Batang Barus ini menjadi catatan amal bagi Syamsul Azwar.

Camat Gunung Talang Donly Wance Lubis mengucapkan selamat bertugas kepada Syafri Anton sebagai Pejabat Wali Nagari Batang Barus.

Dia minta pejabat wali nagari untuk laksanakan tugas pemerintahan sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku. "Terimakasih kepada Syamsul Azwar yang telah mengabdi sepuluh tahun sebagai wali nagari di pusat Pemerintahan Kabupaten Solok ini," katanya. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama