Zofrawandi Pimpin Forwana Kabupaten Solok

Syamsul Azwar (berkacamata) didampingi sejumlah wali nagari di Kabupaten Solok serahkan AD/ART Forwana ke Zofrawandi.



SOLOK-Setelah mundur sebagai Wali Nagari Batang Barus, Syamsul Azwar juga serahkan jabatan Ketua Umum Forwana Kabupaten Solok.


Syamsul Azwar serahkan jabatan pada Wali Nagari Indudur, Zofrawandi.  Sebelumnya, Zofrawandi menjabat sebagai Sekretaris Forwana periode 2020-2023.

"Alhamdulillah kepercayaan wali nagari terhadap Zofrawandi sudah tepat. Saya yakin Forwana akan semakin baik sebagai tempat bersilaturrahim, berbagi pendapat serta berjuang untuk menyalurkan aspirasi pemerintah nagari, baik dalam melahirkan produk hukum di daerah, maupun berjuang untuk kepentingan perangkat nagari di Kabupaten Solok, " kata Syamsul Azwar yang maju sebagai caleg dari Partai PAN Dapil 1 Kabupaten Solok meliputi wilayah Kecamatan Gunung Talang dan Danau Kembar.

Syamsul Azwar memimpin panguyuban para wali nagari tersebut selama sepuluh tahun. Selama itu, dalam menjalankan perannya, Syamsul Azwar mampu mengubah ke arah yang lebih baik kepentingan pemerintahan nagari dan peningkatan kesejahteraan perangkat nagari di Kabupaten Solok, terutama saat transisi aturan 2015 sampai 2019 sedang terjadinya transisi aturan di tubuh pemerintah nagari/desa. 

Hal tersebut diungkapkan Zofrawandi. Peran Forwana sangat penting. Hal itu dirasakan semua nagari di Kabupaten Solok, mulai dari peningkatan penjaluran alokasi dana nagari (ADN) yang terus meningkat dari tahun ke tahun.  Awalnya masing-masing mendapat anggaran Rp200 juta, kini  antaraRp700 juta sampai Rp1,2 miliar. "Angka itu di luar dari Dana Desa yang dikucurkan pemerintah pusat," kata dia.

"Kami para wali nagari juga merasa sangat kehilangan sosok Syamsul Azwar di tubuh Forwana. Sebab perannya dalam berjuang untuk kepentingan nagari cukup luar biasa, tidak saja di Kabupaten Solok, bahkan sampai ke pusat. Nyaris setiap ada kegiatan di pusat ia bersama kepala desa lainnya berjuang membawa aspirasi kami, seperti ke DPR RI, Kemendagri ataupun ke Kemendes RI," jelas Zofrawandi.

Ditambahkannya, Syamsul Azwar layak rasanya disebut sebagai pejuang nagari dari Kabupaten Solok. Hal ini dapat dibuktikan dengan kesejahteraan wali nagari dan aparatur, termasuk baik dibandingkan dengan nagari lain di Sumatera Barat.  (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama