Efa Yonnedi Terpilih Jadi Rektor Universitas Andalas

Rekapitulasi penghitungan suara pemilihan rektor

PADANG-Universitas Andalas memiliki rektor baru. Profesor Yuliandri akan digantikan Prof. Efa Yonedi. Majelis Wali Amanat (MWA) memilih Efa Yonnedi jadi rektor dalam pemilihan yang berlangsung, Selasa (31/10/2023) di kampus Limau Manis Padang.


Majelis Wali Amanat Unand memilih tiga nama hasil seleksi Senat Akademik Universitas (SAU) dalam pemilihan yang berlangsung di Convention Hall Kampus Limau Manis, Rabu (18/10/2033).

Seleksi oleh Senat Akademik Universitas menghasilkan tiga nama, yakni Prof. apt. Fatma Sri Wahyuni, Ph. D (13 suara), Dr. Efa Yonnedi, Akt (11 suara) dan Prof. Ikhwana Elfitri, Ph. D (10 suara). Tiga nama itu dipilih dari 12 bakal calon rektor.

Dalam pemilihan oleh Majelis Wali Amanat, Prof Efa Yonedi meraih 20 suara, Prof. apt. Fatma Sri Wahyuni, Ph. D meraih tiga suara dan Prof. Ikhwana Elfitri, Ph.D memperoleh dua suara. 

"Pemilihan sudah berjalan demokratis dengan menghasilkan Efa Yonnedi sebagai rektor terpilih," kata Ketua MWA Unand Sakti Wahyu Trenggono. 

Sakti mengatakan, meski proses pemilihan tersebut sempat digugat sejumlah dosen ke PTUN Padang, hal itu tidak akan membatalkan hasil pemilihan hari ini. 

"Tidak membatalkan ya. Pemilihan sudah demokratis, mulai dari dosen, senat, hingga MWA terlibat," kata Sakti. 

Sakti berharap di tangan Efa, Unand semakin maju dan mampu menjalankan roda Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). 

"Ada banyak sektor yang bisa dikembangkan. Pertanian dan Unand juga punya rumah sakit yang bisa dikembangkan," jelas Sakti. (ZK)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama