Kelapa Tak Bisa Dipanen, Masyarakat Padang Ganting Berburu Tupai

 Warga yang berburu tupai di Padang Ganting. (prokopim)


PADANG GANTING-Banyak warga di Dusun Payo Dalam, Jorong Koto Gadang Hilir, Nagari Padang Ganting, Minggu (1/10/2023) memegang senjata. Masyarakat mengenal senjata itu sebagai senapan angin.


Seorang warga membidik tupai yang meloncat di pohon kelapa. Saat tupai berhenti, senapan angin pun beraksi. Pusss, peluru melesat dan tupai pun jatuh. "Ikn nan ka lamak dek tupai," kata seorang warga melibat tupai jatuh setelah ditembak.

Masyarakat di sana tengah berburu tupai. Ketua pelaksana syukuran buru hama tupai Syaiful menyampaikan, kegiatan berburu hama tupai ini sudah dilakukan oleh masyarakat Dusun Payo Dalam beberapa kali. 

"Berburu hama tupai ini kami lakukan karena sudah sangat meresahkan masyarakat, warga selalu mengeluhkan kelapa selalu habis dimakan tupai dan tidak bisa diambil hasilnya. Setelah kami buru sekarang kelapa warga sudah bisa dipanen kembali," katanya yang dikutip dari Prokopim Setda Tanah Datar.

 Dia mengatakan, kegiatan berburu hama tupai ini tidak saja diikuti oleh masyarakat Padang Ganting, namun juga ada yang datang dari Sijunjung dan Kota Sawahlunto. 

Bupati Tanah Datar, Eka Putra hadir dalam kegiatan itu. Dia meluangkan waktu bertemu masyarakat di sana, walau ada kegiatan yang tak bisa ditinggalkan.

Bupati Eka juga menyampaikan rasa senangnya karena bisa bersilaturahim dengan masyarakat Dusun Payo Nagari Padang Ganting.

Bupati Eka juga mendukung berburu tupai tersebut karena manfaatnya sangat besar bagi masyarakat, terutama yang memiliki tanaman kelapa. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama