Pacu Jawi Selalu Meriah di Tanah Datar

Pacu jawi di Sawah Darek Jorong Galo Gandang, Nagari III Koto, Kecamatan Rambatan, Sabtu (14/10/2023). (prokopim)


TANAH DATAR-Alek Nagari Pacu Jawi merupakan event pariwisata yang memiliki rating tertinggi di Sumatera Barat, sehingga banyak para wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang datang dan ingin menyaksikan secara langsung bagaimana event ini dilaksanakan. 


Hal tersebut disampaikan Bupati Eka Putra saat membuka pacu jawi yang digelar di Sawah Darek Jorong Galo Gandang, Nagari III Koto, Kecamatan Rambatan, Sabtu (14/10/2023). 

Bupati Eka Putra menyampaikan ucapan terima kasih kepada Porwi Tanah Datar yang selama ini selalu konsisten melaksanakannya.  "Pemerintah daerah selalu berikhtiar untuk terus mempromosikan event ini yang didalamnya terkandung nilai-nilai adat dan budaya yang sudah ada sejak dari nenek moyang kita dulu, melalui berbagai media bahkan iklan yang kami pasang di bandara dan stasiun kereta," kata dia yang dikutip dari Prokopim Setdakab Tanah Datar.

Bupati Eka juga mengajak kepada seluruh masyarakat agar selalu menjaga dan melestarikan serta menularkan tradisi ini kepada para generasi muda agar tradisi ini terus ada dan dikenal hingga ke seluruh dunia. 

Tokoh masyarakat setempat yang juga sebagai Ketua BPRN Nagari III Koto Dt. Paduko Basa mewakili seluruh masyarakat Nagari III Koto menyampaikan ucapan terima kasih kepada bupati dan Ketua Porwi karena tahun ini telah mengagendakan Alek Nagari Pacu Jawi di Nagari III Koto sebanyak dua kali. 

"Tahun ini pacu jawi dua kali dilaksanakan di Nagari III Koto, namun kami belum memiliki area pacuan yang permanen. Kami mohon sumbang sarannya agar ke depan ada area permanen disini untuk Pacu Jawi," pintanya. 

Di lain pihak, Ketua Porwi Tanah Datar Aresno Dt. Andomo mengatakan, alek nagari pacu jawi awal dahulunya lahir di daerah Lareh Nan Panjang yang memakai adat Bodi Chaniago dan Koto Piliang. (*) 



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama