Pembangunan Jembatan Api-Api di Simalanggang Dimulai, Gubernur Letakkan Batu Pertama

Gubernur Mahyeldi letakkan batu pertama pembangunan jembatan



LIMAPULUH KOTA-Gubernur Mahyeldi Ansharullah letakkan baru pertama pembangunan Jembatan Api-Api di Nagari Simalanggang, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (13/10/2023). Selain diharapkan berdampak langsung pada perekonomian warga, kehadiran jembatan tersebut juga diyakini makin memperkokoh hubungan emosional antara Limapuluh Kota dan Payakumbuh.

 

Gubernur menyebutkan, jembatan yang akan dibangun tersebut memiliki panjang 30 meter dan menghubungkan Limapuluh Kota dengan Payakumbuh. "Jembatan ini sudah diharapkan oleh masyarakat begitu lama, sekarang baru bisa terealisasi," katanya.

Menurut Mahyeldi, jembatan bagian sangat penting untuk menguatkan dan mengokohkan kebersamaan dalam pembangunan Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh, yang juga tentu saja termasuk dalam bagian pembangunan Sumbar. Faktanya, Nagari Simalamggang adalah nagari yang berbatasan langsung dengan Payakumbuh, tetapi akses transportasi ke Payakumbuh dari Simalanggang masih sangat minim.

"Warga Jorong Balai Rupih, khususnya Dusun Tampuniak, harus memutar terlebih dahulu ke Jorong Koto atau ke Domang saat mau ke Pasar Payakumbuh. Semoga, dengan adanya jembatan ini, akan mempermudah akses warga, terutama sekali untuk hasil pertanian di Jorong Api-Api, tidak akan memakan waktu yang lama lagi untuk sampai ke Payakumbuh," katanya yang dikutip dari siaran pers Biro Adpim Setdaprov Sumbar.

Mahyeldi menyebutkan, pengerjaan jembatan ini ditargetkan rampung dalam dua bulan. Dimulai 13 Oktober hingga 13 Desember nanti. Tentu terealisasinya jembatan ini tidak terlepas dari kontribusi banyak pihak, seperti warga pemilik lahan yang mau menghibahkan tanahnya, serta tokoh masyarakat setempat.

Bupati Limpuluh Kota, diwakili Asisten II Eki Hari Purnama mengatakan, di hari Jumat yang berkah ini Kabupaten Limapuluh Kota mendapatkan anugerah, terkhusus untuk masyarakat Simalanggang, di mana salah satu infrastruktur yang sangat diimpikan dapat terwujud.

"Sebetulnya, tali kultural dan tali batin Limapuluh Kota dan Payakumbuh itu sudah dekat, tetapi ada kondisi geografis yang menghalangi," kata dia.

Eki Hari Purnama mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumbar yang telah membantu pembangunan Jmmbatan Api-Api, yang bersumber dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dari gubernur senilai Rp1,6 miliar. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama