40 Pelaku UMKM di Agam Ikuti Pelatihan Kewirausahaan

Pemasangan tanda peserta

AGAM - Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Agam gelar pelatihan kewirausahaan bagi pelaku UMKM se-Kabupaten Agam bagian barat, di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung, Rabu (19/6/2024).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Drs Edi Busti MSi dan dihadiri Kadis Koperasi dan UKM Agam, Dandi Pribadi serta lainnya.

Dandi Pribadi mengatakan kegiatan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para pelaku UMKM untuk meningkatkan usahanya.

"Serta meningkatkan dan mengembangkan sumber daya manusia UMKM yang handal dan berkompeten guna membangun perekonomian menuju kehidupan masyarakat yang semakin sejahtera dan berdikari," ujarnya.

Dikatakan, kegiatan ini diikuti sebanyak 40 orang peserta pelaku UMKM Agam wilayah barat.

Sekda Agam, Drs Edi Busti MSi berikan apresiasi kepada Kadis Koperasi dan UMKM yang telah menggelar kegiatan ini.

Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para pelaku UMKM dalam meningkatkan kemampuannya dalam mengembangkan usahanya.

"Pemkab Agam juga telah melakukan berbagai upaya dalam pemberdayaan, pembinaan dan pengembangan pelaku UMKM," ujarnya.

Di antaranya adalah mendorong pengalihan fungsi atau strategi usaha UMKM, mendorong UMKM dalam pemanfaatan media online untuk pemasaran produk, pembinaan atau pelatihan kewirausahaan.

Difasilitasi program kemitraan antara pelaku UMKM dengan BUMN dan perusahaan swasta, fasilitasi kegiatan promosi dan pameran produk UMKM dalam negeri dan luar negeri pendampingan secara langsung terhadap pelaku UMKM membentuk wadah produk UMKM. Kabupaten dan forum UMKM Kecamatan.

"Semoga dengan adanya pelatihan ini, dapat meningkatkan SDM UMKM dalam meningkatkan daya saing dan pemasaran produk dalam berbagai situasi dan kondisi, serta semakin berperan dalam peningkatan perekonomian nasional secara makro," harapnya. (HR)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama