Optimalkan Pencatatan TB, Pelatihan SITB Bersama Dinas Kesehatan Kota Solok



KOTA SOLOK - Dinas Kesehatan Kota Solok mengadakan pelatihan Sistem Informasi Tuberkulosis (SITB) di Aula D’Relazion, Rabu (26/6/2024). 

Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan tenaga kesehatan dalam menggunakan SITB untuk pencatatan dan pelaporan data Tuberkulosis (TB), termasuk TB Sensitif Obat dan TB Resisten.

SITB merupakan platform online yang digunakan oleh Program TB Nasional untuk mencatat dan melaporkan semua kasus, hasil laboratorium, dan logistik terkait TB dalam satu sistem terintegrasi. 

Pelatihan ini dihadiri oleh 90 peserta dari berbagai instansi kesehatan, seperti Puskesmas se-Kota Solok, RSUD M. Natsir, RST Solok, RSIA Ananda, RSIA Permata Bunda, dan Lapas Solok.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kota Solok, Hiddayaturrahmi, didampingi Sub Koordinator P2M, Surveilans, dan Imunisasi, Siska Primasari, serta Pengelola Program TB, Ns. Rahma Yati. 

Pelatihan juga diperkaya dengan kehadiran Liza Safitri, Technical Officer TBC dari Global Fund, sebagai narasumber ahli.

Tujuan utama pelatihan ini adalah untuk mensosialisasikan SITB dan mentransfer pengetahuan tentang penggunaan sistem ini kepada peserta dari berbagai fasilitas kesehatan. 

Kerja sama yang baik antara instansi kesehatan dari tingkat pusat hingga daerah diharapkan dapat memastikan pengumpulan data TB yang terintegrasi untuk mendukung upaya penanggulangan Tuberkulosis secara efektif di Kota Solok. (sis)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama