Wali Kota Solok Pimpin Peringatan Hari Lahir Pancasila



KOTA SOLOK-Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 tingkat Kota Solok, di halaman Balaikota Solok, Sabtu (1/6/2024)

Dihadiri oleh unsur Forkopimda Kota Solok, Sekda Kota Solok, Ketua TP PKK Kota Solok, Ketua LKAAM, KAN, Bundo Kanduang, serta Kepala OPD lingkup Pemko Solok.

pidato tertulis dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi. dibacakan Wali Kota Solok membacakan“Salam kepada saudara dan saudariku sebangsa dan setanah air. Pada hari ini, 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila, hari ketika Bung Karno, Proklamator Kemerdekaan dan Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).”

Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 bertemakan “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini menegaskan bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

Pancasila dan nilai-nilainya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia, mengandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional ‘Bhinneka Tunggal Ika’.

Wali Kota mengajak seluruh komponen bangsa Pada kesempatan yang bersejarah ini untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan.

Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam tantangan sejarah, sehingga Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar. Pancasila adalah bintang penuntun yang membawa Indonesia menuju kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi saat ini.

Wali kota mengajak seluruh komponen bangsa untuk bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

Selanjutnya selesai upacara dilakukan penyerahan piagam penghargaan pembayaran PBB kepada Solok Primer Hotel sebagai Pembayar Pajak PBJT Jasa Perhotelan Tepat Waktu, Roti O sebagai Pembayar Pajak PBJT Makanan dan Minuman Terbesar dan Tepat Waktu, serta H. Rusli Khatib Sulaiman sebagai Teladan Pembayar PBB P2. (sis)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama