Dilantik Jadi Wakil Menteri, Yuliot Tanjung, Putera Padang Panjang, Alumnus SMAN 1 dan Alumni Universitas Andalas

Yuliot Tanjung

PADANG PANJANG-Putera asli daerah Padang Panjang, Yuliot Tanjung dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Wakil Menteri Investasi/Wakil Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (18/7/2024).

Dia lahir di Padang Panjang, 7 Oktober 1963. Ia merupakan lulusan SMAN 1 Padang Panjang dan berhasil menamatkan gelar sarjana Produksi Ternak di Universitas Andalas dan Magister Manajemen Sekolah Tinggi Manajemen PPM.

Karier Yuliot semasa di Kementerian Investasi/BKPM berawal pada 1988. Ia kemudian menduduki sejumlah jabatan, yaitu sebagai Kepala Kantor Perwakilan BKPM di Taiwan, Kepala Biro Perencanaan dan Informasi, Direktur Promosi Dalam Negeri, Direktur Pengendalian Pelaksanaan Wilayah II, dan Direktur Deregulasi.

Sebelum dilantik sebagai Wakil Menteri Investasi, Yuliot menempati jabatan fungsional sebagai Penata Kelola Penanaman Modal Ahli Utama Kementerian Investasi/BKPM.

Sebelumnya, Yuliot menjabat sebagai Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal sejak September 2023 hingga Juni 2024. Semasa di Kedeputian tersebut, Yuliot fokus pada pencapaian realisasi investasi dan fasilitasi penyelesaian permasalahan investasi yang dihadapi oleh perusahaan.

Yuliot pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal sejak Oktober 2020-September 2023.

Yuliot mengungkapkan fokusnya sebagai pendamping Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia. "Tugas kami ke depan adalah bagaimana kami mengawal berbagai kebijakan investasi dan juga mengkoordinasikan berbagai kebijakan dengan kementerian/lembaga," ujarnya usai dilantik Jokowi.

Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra menyampaikan ucapan selamat bertugas kepada Wamen Investasi RI itu.

Sonny juga turut bangga atas capaian yang telah ditorehkannya sebagai putra asli daerah Kota Padang Panjang yang masuk dalam Kabinet Indonesia Maju.

“Mewakili masyarakat, kami mengucapkan selamat bertugas dan semoga diberkati serta berikan kelancaran oleh Allah SWT. Semoga akan banyak lagi putra-putri daerah dari Padang Panjang yang sukses di bidangnya masing masing dan dapat memberikan kontribusi untuk bangsa sehingga mampu mengharumkan nama kota ini,” harapnya. (RIFKI MAHENDRA- KOMINFO)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama