Gandeng Sejumlah Konsorsium, Bus Listrik Akan Hadir di Padang

Bus listrik yang dipamerkan di GIIAS 2024

PADANG-Sejumlah kota di Indonesia telah mempergunakan bus listrik untuk transportasi massal. Padang gak mau kalah. Nanti, bus itu juga akan wara-wiri di Padang. 

Padang terpilih sebagai salah satu kota percontohan di Indonesia dalam program memperkuat aksi terhadap iklim, termasuk dalam hal transportasi rendah emisi karbon.

Hal ini terungkap saat Penjabat Wali Kota Andree Algamar menerima kunjungan dari Tim Integrated Climate Action for Low Carbon and Resilient Cities (Urban-Act) China bersama mitra konsorsium GIZ Jerman dan Shenzen Bus Group Co di Padang, Senin (22/7/2024).

Andree Algamar mengatakan, hal ini merupakan komitmen pemerintah kota sejak lama.  "Kita ingin mengurangi emisi karbon di Padang untuk mewujudkan lingkungan hidup yang sehat berkelanjutan," kata dia.

Andree Algamar menambahkan, upaya ini juga merupakan bagian dari kampanye global agar transportasi berbahan bakar fosil beralih ke listrik yang ramah lingkungan, rendah polusi udara maupun suara.

"Kampanye ini sejalan dengan rencana kita yang akan mentransformasikan bus Trans Padang menjadi bus listrik ke depan. Padang mendapat nilai tertinggi bersama Kota Medan dalam penerapan project ini," tambahnya.

Head of Component Urban-Act China, Tong Liu saat itu menyebutkan, Urban-Act merupakan inisiatif Iklim Internasional (IKI) Jerman dan proyek multi-mitra untuk memperkuat aksi iklim kolaboratif di kawasan Asia-Pasifik di lima negara seperti Tiongkok, India, Filipina dan Thailand termasuk Indonesia.

"Kita hadir ke Kota Padang untuk berbagi pengalaman dan menjajaki kerjasama sekaitan penerapan bus listrik ke depan. Makanya kita hadir dengan mitra konsorsium diantaranya GIZ dan Shenzhen Bus Group Co yang telah menerapkan transportasi massal berupa bus listrik di berbagai negara," sebutnya. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama