Pimpinan dan Anggota DPRD Padang Ikuti Bimbingan Teknis, Narasumber dari Kemendagri dan Universitas Tuanku Tambusai


Ketua DPRD Syafrial Kani buka bimtek yang ditandai dengan pemukulan gong

PADANG-Pimpinan dan anggota DPRD Padang ikuti bimbingan teknis yang berlangsung di Pekanbaru. Bimbingan teknis berlangsung 18-20 Juli 2024. Bimbingan teknis itu dibuka Ketua DPRD Syafrial Kani dan ditutup Sekretaris DPRD, Hendrizal Azhar.

Bimbingan teknis diikuti 45 peserta yang terdiri dari anggota dan pimpinan DPRD Padang. Sekretaris DPRD, 

Hendrizal Azhar menyebutkan, bimbingan teknis pendalaman tugas pimpinan dan anggota DPRD diselenggarakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Tuanku Tambusai.

Bimbingan teknis itu juga dikoordinasikan dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri.

Foto bersama usai pembukaan

Dikatakan Hendrizal Azhar, mengemukakan selain diikuti pimpinan dan anggota DPRD Padang dan juga dihadiri pejabat struktural dan staf pelaksana sekretariat DPRD.

Dijelaskannya, bimbingan teknis itu mengambil tema bimbingan teknis adalah  optimalisasi peran DPRD dalam perencanaan dan evaluasi kinerja pembangunan daerah.

"Narasumber dalam bimbingan teknis pendalaman tugas pimpinan dan anggota DPRD berasal dari Kementrian Dalam Negeri serta pakar atau akademisi yang sangat kompeten dan berpengalaman," kata dia.

Dalam bimbingan teknis itu, narasumber menyampaikan materi yang relevan dengan perkembangan informasi dan regulasi terbaru.

Dijelaskan sekretaris DPRD, bimbingan teknis pendalaman tugas pimpinan dan anggota DPRD dilaksanakan dengan pendekatan andragogi. 

"Penyampaian materi oleh pengajar atau narasumber yang ahli di bidangnya, presentasi dan dilanjutkan dengan diskusi antara peserta dan narasumber, sehingga menambah semangat para peserta dalam mengikuti kegiatan bimtek ini," katanya.


Peserta serius ikuti bimtek

Ketua DPRD, Syafrial Kani ketika membuka bimtek menyebutkan, kegiatan tersebut dapat meningkatkan pemahaman dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, khususnya dalam mencapai tujuan dan sasaran Pemerintah Kota Padang dan pemerintah Republik Indonesia secara umum.

Dikatakan Syafrial Kani, banyak ilmu dan pengetahuan baru yang diperoleh dalam bimtek kali ini. "Materi yang telah disampaikan para narasumber yang kompeten disajikan secara menarik dan informatif," ujarnya. 

Syafrial Kani mengajak jajaran DPRD untuk terus bekerja sama, saling mendukung dan menjadikan setiap rekomendasi yang dihasilkan dalam Bimtek ini sebagai panduan untuk aksi nyata ke depan.

"Dalam menjalankan tugas sebagai wakil rakyat, marilah kita terus meningkatkan kompetensi dan kualitas diri sebagai bagian dari tanggung jawab kita kepada masyarakat. Pemahaman mendalam terkait pembangunan berkelanjutan dan pengawasan yang efektif akan memperkuat peran kita sebagai anggota legislative," katanya.

Ditambahkan Syaferial Kani, guna mengoptimalkan pemahaman dan kompetensi, dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai anggota legislatif, tidak cukup dengan pembelajaran selama bimtek pendalaman tugas ini saja. 

"Kami berharap, agar kita semua dapat terus belajar melalui berbagai media dan sarana pembelajaran lainnya, guna meningkatkan pengetahuan dan kepekaan kita terhadap dinamika perkembangan kondisi masyarakat dan perubahan regulasi yang terjadi baik di tingkat daerah maupun di tingkat nasional," katanya.

Syafrial Kani mengucapkan terima kasih yang tulus dan penghargaan serta apresiasi kepada Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Tuanku Tambusai beserta staf.

Dia juga ucapkan terima kasih pada Sekretaris DPRD Padang beserta panitia pelaksana dan semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan bimtek dengan baik. (adv)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama