Wali Kota Solok Sambut Kunjungan Konjen Jepang di Medan

Foto bersama usai pertemuan

KOTA SOLOK - Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Medan, Mr.Takonai Susumu beserta rombongan kedatangannya disambut langsung Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar di Halaman Balaikota Solok, Rabu (10/7/2024).

Turut hadir, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Sumatera Barat, Maria Doeni Isa, Staf Ahli Wako, Kepala OPD terkait, Dirut Perumda Air Minum Pincuran Gadang, Rabbiluski beserta undangan lainnya.

Konsulat Jenderal Jepang, Mr.Takonai Susumu mengucapkan terimakasih atas sambutan luar biasa di Kota Solok, hari ini merupakan kunjungan pertamanya ke Kota Solok. " Kota Solok adalah Kota Istimewa karena telah lama bekerjasana dengan Kota Toyohashi terkait air bersih," ujar Mr.Takonai.

Toyohashi memiliki teknologi sangat baik dibidang air bersih dan mereka sangat serius menjalin kerjasama dengan Kota Solok

Konjen bertugas memberikan perlindungan kepada warga negara Jepang yang ada di Indonesia serta meningkatkan kerjasama dan hubungan persahabatan. " Apalagi Kota Solok telah bekerjasama dengan Kota Toyohashi, tentu sudah tugas saya untuk bersilaturahmi dan mengunjungi Kota Solok. Semoga kerjasama terus berlangsung dan berjalan baik," ucapnya.

Zul Elfian Umar mengatakan, Kota Solok telah menjalin kerjasama dengan Kota Toyohashi Jepang di bidang penyediaan air bersih. Kerjasama ini sangat dirasakan manfaatnya terutama dalam peningkatan kualitas dan kuantitas air bersih.

Dijelaskan Zul Elfian Sesuai dengan Perjanjian Kerja Sama antara The Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang ditanda tangani pada Tanggal 29 Agustus 2022, durasi implementasi proyek adalah selama 3 (tiga) tahun terhitung sejak penandatanganan kontrak.

Kata Zul Elfian, Saat ini, implementasi dari kerjasama masih berlangsung, dan pada minggu ini tenaga teknis dari Toyohashi Waterwork and Sewerage Bureau juga sedang berada di Kota Solok untuk memberikan pelatihan dan bantuan teknis kepada teknisi dan operator Perusahaan Umum Daerah Air Minum Pincuran Gadang. Perlu Kami informasikan bahwa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Solok saat ini sudah berubah nama menjadi Perusahaan Umum Daerah Air Minum Pincuran Gadang.

"Semoga kedepannya, melalui kerjasama ini, pelayanan penyediaan air bersih di Kota Solok menjadi lebih baik dan tersedia air leding yang siap minum bagi warga Kota Solok, kita berkumpul saat ini  untuk mempererat hubungan tersebut dan Kami berharap bisa mengeksplorasi peluang-peluang baru dalam berbagai bidang kerjasama, Seperti Dibidang pendidikan, dibidang ekonomi, lingkungan dan bidang teknologi," paparnya.

Wali kota mengajak seluruh masyarakat Kota Solok untuk mendukung penuh segala bentuk kerjasama yang telah dan akan dijalin dengan Pemerintah Jepang ini. Mari kita jadikan kunjungan Konsul Jenderal Jepang ini sebagai momentum untuk lebih mempererat persahabatan meningkatkan kerjasama yang saling menguntungkan.

Pihaknya percaya dengan semangat kebersamaan dan kerja keras, kita dapat mencapai tujuan-tujuan yang telah kita tetapkan bersama. Semoga hubungan baik antara Kota Solok dengan Jepang khususnya Kota Toyohashi akan terus berlanjut dan semakin kuat di masa mendatang. (sis)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama