Baznas Kota Solok Salurkan Bantuan Produktif, Ini Pesan Wakil Wali Kota

Baznas Kota Solok Salurkan Bantuan Produktif di Aula  BAPPEDA Kota Solok


KOTA SOLOK-BAZNAS Kota Solok melakukan pendistribusian untuk program bantuan produktif (bantuan modal usaha) ke beberapa UMKM. Guna meningkatkan pemberdayaan UMKM di Kota Solok, bertempat di Aula BAPPEDA Kota Solok.Senin (09/09/2024),

Wakil Wali Kota Solok, Dr. H. Ramadhani Kirana Putra, SE, MM yang didampingi langsung oleh Ketua BAZNAS Kota Solok, Kepala DPMTSP, Kepala DPUKM, Pimpinan Muslimah Group. menyerahkan secara simbolis Bantuan yang menyasar UMKM Produk Unggulan Daerah (PUD) dalam Program Kemitraan. Bantuan Modal Usaha Produk Unggulan Daerah (PUD) berupa modal usaha dan peralatan menjahit,

Wawako Ramadhani mengatakan pemerintahan daerah akan terus melakukan peningkatan UMKM di Kota Solok, melalui Dinas DPMTSP yang berfungsi memfasilitasi dan menyelenggarakan pemberdayaan UMKM di Kota Solok. 

Kata Dia, DPMTSP telah melakukan pendataan dari berbagai macam UMKM untuk mendapatkan bantuan usaha dengan tujuan supaya UMKM ini terus berjalan dan meningkatkan usahanya dan nantinya akan dimonitoring secara berkala.”

Wawako katakan, BAZNAS Kota Solok dengan programnya sangat membantu dalam peningkatan UMKM ini, dalam hal ini BAZNAS Kota Solok berperan penting untuk memberikan tambahan modal usaha bagi para UMKM yang sudah didata. 

Ketua BAZNAS Kota Solok, AKBP (Purn), H. Zaini. SH. menyampaikan bahwa dengan adanya bantuan dan pembinaan UMKM PUD yang akan diberikan bantuan, dengan harapan adanya peningkatan dan perkembangan, agar nantinya bisa menjadi UMKM percontohan baik itu dalam daerah maupun luar daerah, 

Adapun bantuan yang diberikan ada berupa modal usaha dan ada yang berupa peralatan sesuai dengan UMKM yang dimiliki.

Kepala DPMTSP menyampaikan berdasarkan peraturan Wali Kota Solok  nomor 48 tahun 2023 bahwa DPMTSP berfungsi untuk menyelenggarakan pemberdayaan badan usaha melalui peningkatan kemitraan yang dilaksanakan melalui sub kegiatan fasilitasi kemitraan bidang permodalan yang dilakukan oleh pemeritahan kabupaten/kota, serta opimalisasi peningkatan dan pemberdayaan umkm yang memproduksi produk unggulan daerah.”

“Dalam hal ini, DPMTSP Kota Solok telah melakukan MoU dengan BAZNAS Kota Solok untuk memberikan bantuan modal usaha kepada para pelaku UMKM PUD yang sudah dikirimkan nama-namanya kepada BAZNAS Kota Solok beserta bentuk usaha yang sedang ditekuni. 

Kata Dia, Dinas DPMTSP dengan BAZNAS melakukan kolabrasi untuk peningkatan dan pemberdayaan UMKM PUD Kota Solok, dengan program yang dimiliki BAZNAS, kita bisa melaksanakan pembinaan dan pemberdayaan agar UMKM PUD di Kota Solok bisa di optimalkan,” tuturnya.

Selanjutnya Penyerahan bantuan secara simbolis diberikan oleh Wakil Wali Kota Solok kepada salah satu penerima yang merupakan penyandang disabilitas, serta penyerahan secara simbolis bantuan peralatan mesin jahit oleh ketua BAZNAS kota solok kepada salah satu penerima bantuan. Jumlah dari penerima bantuan tersebut berasal dari tujuh peserta dari UMKM PUD dan 22 orang penerima peralatan menjahit (Binaan Muslimah Group). (sis)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama