180 Pramuka Ikut Kegiatan di Bukittinggi, Bumi Perkemahan Bukit Apit Makin Terkenal

 

Sepuluh Gudep Pramuka Penegak Ikuti Giat Prestasi di Bumi Perkemahan  Kelurahan Bukit Apit Puhun Kota Bukittinggi


BUKITTINGGI - Bumi Perkemahan  Pramuka yang berada di Kelurahan Bukit Apit Puhun, Bukittinggi  menjadi lokasi pemusatan  kegiatan Giat Prestasi Pramuka Penegak IV tahun 2024.

Giat Prestasi Pramuka Penegak merupakan  salah satu program kerja Kwartir Cabang XIII Gerakan Pramuka Kota Bukittinggi.

Ketua Harian Kwarcab  Cabang XIII Gerakan Pramuka Kota Bukittinggi, Buya Salman, Kamis (17/10/2024) mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk membina dan mengembangkan persaudaraan di kalangan pramuka penegak, sekaligus memberikan kegiatan kreatif, rekreatif, inovatif dan produktif yang dapat mengarah terhadap kemampuan mandiri  bagi  anggota kepramukaan  khususnya di pramuka penegak.

Dikatakan, terdapat lebih kurang 180 orang perutusan  Gugus Depan (Gudep) anggota pramuka di tingkat SMA/SMK/MA negeri dan swasta  ( pramuka penegak) se-Kota Bukittinggi mengikuti kegiatan ini. 

Giat prestasi pramuka  ini mengusung tema  berani beraksi melalui giat prestasi.

“Dengan kegiatan ini kita dapat melihat sejauh mana anggota pramuka menguasai kemampuan di dalam  kepramukaan. Pada masing-masing mereka dikompetisikan dan dinilai,” ujarnya.

Ratusan anggota pramuka penegak di Bukittinggi mengikuti sejumlah perlombaan yakni pionering, lomba cerdas tepat, lomba melukis dan PBB bertongkat.

Para pemenang Giat Prestasi  Pramuka Penegak ini memperebutkan piala bergilir Wali Kota Bukittinggi, tropi lepas, bingkisan dan piagam penghargaan.

Adapun Gugus Depan (Gudep)  pramuka penegak yang mengikuti giat  ini adalah  SMA  Negeri 2  Bukittinggi, SMK Negeri 1 Bukittinggi, SMK Negeri 2 Bukittinggi, MAN 1 Bukittinggi, MAN 2 Bukittinggi, SMA Xaverius, SMK Kesehatan Prima Nusantara, SMK Pembangunan, SMK Gajah Tongga, dan SMK Farmasi Imam Bonjol.

Sedangkan,  Gugus Depan  yang tidak mengikuti giat  prestasi itu adalah  SMA Negeri 1 Bukittinggi, SMA Negeri 3 Bukittinggi, SMA Negeri 4 Bukittinggi dan SMA Negeri 5 Bukittinggi.

“Sekarang trophy bergilir Wali Kota Bukittinggi masih dipegang Pramuka Penegak SMA Negeri 2 Bukittinggi, nah siapa yang akan mengambil tropi bergilir itu dalam giat prestasi kita kali ini, kita lihat hasil penilaian, siapa yang berhasil menjadi juara umumnya,” katanya.

Kwartir Cabang XIII Gerakan Pramuka Kota Bukittinggi ingin generasi muda yang menjadi keanggotaan kepramukaan mampu menguasai kegiatan baik teori dan praktik, sehingga kegiatan ini menjadi bentuk pembinaan bagi generasi penerus bangsa.

Bumi Perkemahan Pramuka di Kelurahan Bukit Apit Puhun ini dipinjampakaikan oleh Pemerintah Kota Bukittinggi kepada Kwarcab XIII Gerakan Pramuka Kota Bukittinggi. 

Bumi perkemahan itu telah viral  di kalangan kepramukaan Sumatera Barat, dikarenakan  menjadi pemusatan kegiatan Jambore Daerah Sumatera Barat ke-10 memakani Hari Pramuka ke-63 di Senin (19/8/2024). 

Jambore Daerah Sumbar itu diikuti oleh insan kepramukaan di 19 kabupaten/kota di ranah minang. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kwartir Nasional  (Kwarnas) Pramuka  Mayjen TNI ( Purn) Dr. Bachtiar  membuka kegiatan  yang berlangsung sejak 19 -24 Agustus 2024 lalu. (San)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama