25 Anggota DPRD Buteng Dilantik, Didominasi Wajah Baru

25 Anggota DPRD Buteng periode 2024-2029 saat ucapkan sumpah dan janji yang dipandu Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pasarwajo, Ivan Budi Hartanto di ruang sidang DPRD Buteng


BUTON TENGAH-Sebanyak 25 anggota DPRD Kabupaten Buton Tengah (Buteng) periode 2024-2029 resmi dilantik, Selasa (1/10/2024).

Para wakil rakyat itu dilantik Wakil Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pasarwajo, Ivan Budi Hartanto melalui rapat paripurna di Kantor DPRD Buteng.

Disaksikan Penjabat Bupati Buteng, H Kostantinus Bukide bersama unsur forkopimda, Komisioner KPU dan Bawaslu, pimpinan parpol, organisasi kepemudaan dan organisasi lainnya seperti KONI yang dihadiri langsung Ketuanya La Andi. 

Dari 25 anggota legislatif yang dilantik tersebut,  14 di antaranya merupakan wajah baru. Sementara 11 lainnya adalah wajah lama yang kembali mengisi kursi parlemen. 

Pj Bupati Buton Tengah, H Kostantinus Bukide menyalami dan mengucapkan selamat kepada 25 anggota DPRD Buteng periode 2024-2029 yang baru dilantik


Sa'al Musrimin Haadi dari Fraksi PDIP ditunjuk sebagai Ketua Sementara DPRD Buteng. Sementara Wakil Ketua Sementara Mazaluddin SE dari NasDem.

Sa'al merupakan anggota DPRD periode sebelumnya dari Dapil 2 (Kecamatan Gu-Sangia Wambulu) dan Mazaluddin merupakan pendatang baru dari Dapil 4 (Kecamatan Mawasangka).

Dalam sambutannya ketika memimpin sidang, Sa'al mengatakan, sesuai dengan pasal 65 ayat 1 Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah menyebutkan, dalam hal pimpinan DPRD kabupaten/kota apabila belum dibentuk, maka ditunjuk pimpinan sementara.

Pimpinan sementara bertugas memimpin rapat DPRD, memfasilitasi pembentukan fraksi, memfasilitasi penyusunan rancangan peraturan DPRD tentang tata tertib DPRD, memproses penetapan pimpinan DPRD definitif. 

"Oleh karena itu, sebagai pimpinan DPRD sementara, mengharapkan dukungan dan kerja sama semua pihak agar dalam melaksanakan tugas kedepan dapat berjalan dengan lancar, aspiratif, inovatif, profesional dan proporsional sesuai dengan peraturan perundang-undangan hingga ditetapkannya pimpinan DPRD definitif," harap Sa'al. 

Legislator muda asal Sangia Wambulu ini mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Buteng karena telah berpartisipasi dalam Pemilu 2024 hingga berlangsung sesuai harapan semua. 

Sa'al juga mengucapkan terima kasih kepada KPU dan jajarannya yang telah menyelenggarakan Pemilu dan Bawaslu yang mengawasi jalannya Pemilu agar berjalan sesuai dengan aturan yang ditetapkan.

"Terima kasih kepada Pj Bupati Buteng bersama jajaran pemerintahannya yang memfasilitasi pemilu dan aparat keamanan atas dukungannya menciptakan keamanan yang kondusif sehingga Pemilu dapat berjalan dengan baik, aman, dan damai," tuturnya. 

Tak lupa, Sa'al mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD Buteng periode 2019-2024 atas segala kerja dan upaya dalam menerapkan dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat sebagaimana tugas dan fungsinya. 

Pejabat Bupati Buteng H Kostantinus Bukide mengucapkan selamat kepada anggota DPRD yang dilantik. Mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada anggota DPRD periode 2019-2024 atas pengabdian dan jasa-jasanya kepada daerah.

Menurutnya, hari ini lembaga DPRD masih sering dikritik dari kiri dan kanan. Semua itu harus diterima dengan besar hati dan dijadikan tekad untuk berbuat yang lebih baik lagi. 

DPRD hendaknya hadir ditengah masyarakat, menyuarakan suara masyarakat,  karena ditangan para wakil rakyat inilah amanat rakyat diemban sesuai sila keempat Pancasila.

Sekarang zaman berputar sangat cepat, politik yang berubah, dan generasi baru mulai tumbuh dan berkembang. DPRD sekarang adalah DPRD zaman now, sebuah lembaga politik yang terus mendapat sorotan ditengah terpaan arus sosmed.

"DPRD harus selalu terbuka untuk mengadopsi kehendak serta tuntutan zaman dan masyarakat sebagai konstituennya," pesan Kostan. 

Mantan Sekda Buteng ini mengingatkan, fungsi DPRD yakni pembentukan Perda, penyusunan anggaran, dan pengawasan. 

Ketiga fungsi ini harus berjalan seiring dan saling mendukung.  "Kami berharap anggota DPRD saat ini dapat melahirkan produk-produk legislasi yang relevan dengan kepentingan jangka panjang daerah Kabupaten Buteng," tutupnya.

Adapun komposisi kursi di DPRD Buteng berdasarkan hasil Pileg 2024, yakni PDIP (5), NasDem (5), Gerindra (3), PAN (2), PKS (2), PKB (2), PKN (2), Golkar (1), Demokrat (1), PBB (1), Hanura (1).

Berikut daftar Anggota DPRD Kabupaten Buteng periode 2024-2029:


Dapil 1 – Kecamatan Lakudo :

1. Syarifuddin, S.H (PDIP) - Lama

2. La Ode Muslimin (GERINDRA) - Baru

3. Hariadin Mane (NASDEM) - Baru

4. Rasid Sabi, S.Pd (PKS) - Baru

5. Muhamad Sahrun Syarif, A.Md. Kep. (PKN) - Baru 

6. Adam, S.Ag (PAN) - Lama


Dapil 2 – Kecamatan Gu -Sangia Wambulu :

1. Kasman, S.Sos.I (NASDEM) - Baru

2. Sa’al Musrimin Haadi, S.K.M. (PDIP) - Lama

3. Hasim Paulus (PKB) - Baru

4. Halimi, S.Ag (PKN) - Baru

5. Nurman, S.E (PBB) - Lama

6. La Ode Afalu Mahdi (DEMOKRAT) - Lama


Dapil 3 -Kecamatan Mawasangka Tengah (Masteng) -Mawasangka Timur (Mastim):

1. Hendi Syafrini, S.Pd (PDIP) - Lama

2. Awaluddin, S.H (GERINDRA) - Baru

3. Samirun, S.Pd (NASDEM) - Lama

4. Dahlan (PAN)  - Baru


Dapil 4 – Kecamatan Mawasangka :

1. Mazaludidin, S.E. (NASDEM) - Baru 

2. Rusli, S.Pd.I., M.Si. (GERINDRA) - Baru

3. Sarina Afa, S.H. (PDIP) - Lama

4. Saadia, S.Ag. (GOLKAR) - Lama

5. Mutalib, S.Pd, I (PKB) - Lama

6. Ibnu Hasmy Wardana, S.H (HANURA) - Baru


Dapil 5 – Kecamatan Talaga Raya :

1. Bobi Ertanto, S.Pd., M.H (PDIP) - Lama

2. La Goapu, A.Md., S.I.P (NASDEM) - Baru

3. M. Abbas Umar, S.H (PKS) - Baru


Laporan: Fauzi


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama