Pramuka Penegak se-Kota Bukittinggi Ikuti JOTA dan JOTI Nasional di Bumi Perkemahan Bukit Apit Puhun

Suhardedi (YB5DDE) selaku penanggungjawab station JOTA Kwarcab XIII Gerakan Pramuka Kota Bukittinggi tengah berikan bimbingan teknis


BUKITTINGGI-Kwartir Cabang XIII Gerakan Pramuka Kota Bukittinggi menindaklanjuti  surat dari Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat terkait  pelaksanaan kegiatan  Jambore On The Air (JOTA)  dan Jambore  On The Internet (JOTI) Nasional.

Sekretaris Kwarcab XIII Gerakan Pramuka Kota Bukittinggi, Ilham Tanjung, Jumat (18/10/2024) mengatakan, kegiatan ini didasari surat Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Barat bernomor 359-03-A tertanggal 7 Oktober 2024 tentang Edaran pelaksanaan JOTA-JOTI Camp Daerah 2024. 

Selanjutnya, surat Edaran Kwartir Nasional Gerakan Pramuka bernomor 0441-00-N tertanggal 17 September 2024 tentang pelaksanaan JOTA Nasional ke-87 dan JOTI Nasional ke-45, kegiatan ini diselenggarakan pada 18 - 20 Oktober 2024.

Dikatakan,  kegiatan JOTA JOTI berbeda dari tahun ke tahun, dimana sebelumnya  di Bukittinggi dilaksanakan di Sekretariat Kwarcab XIII Gerakan Pramuka Kota di Belakang Balok.  

Pada 2024, dilangsungkan di perkemahan, tepatnya di Bumi Perkemahan Pramuka di Kelurahan Bukit Apit Puhun.

"Untuk kegiatan JOTA ini tetap bekerjasama dengan Organisasi  Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Bukittinggi Agam- YH5AK. Kita didukung secara teori dan teknis serta peralatan yang kita tidak miliki," ujarnya

Para anggota pramuka penegak di Bukittinggi (pelajar SMA/SMK/MA negeri dan swasta)  mengikuti  JOTA  menggunakan perangkat gelombang radio amatir.  Suhardedi (YB5DDE) selaku penanggung jawab station JOTA Kwarcab XIII Gerakan Pramuka Kota Bukittinggi memberikan  bimbingan teknis kepada para peserta.

Disebutkan,  nama panggilan station JOTA Kwarcab XIII Gerakan Pramuka Kota Bukittinggi adalah YH5AKJ,  perangkat gelombang radio amatir menggunakan  band frekuensi MF, HF, VHF dan UHF, all mode, sedangkan daya pancar <30 Mhz 1000 watt dan >30Mhz 500 watt.

Kemudian, station Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat bernama YH5AAJ dengan frekuensi 145.320 Mhz untuk pesawat band 2 M dan frekuensi 70.65 Mhz untuk pesawat all band.

Para anggota pramuka penegak yang mengikuti JOTA diseleksi dari station pusat yang memanggil ke tenda-tenda peserta. Jika peserta menerimanya dengan bagus  maka panggilan itu akan dijawab dengan bahasa amatir radio.

"Maka akan dipanggil ke kemah utama yang diberikan kesempatan untuk ber QSO dengan  pramuka pramuka di seluruh Indonesia dan mancanegara. Adik adik pramuka penegak diberikan sertifikat khusus," katanya

Sekretaris Kwarcab XIII Gerakan Pramuka Bukittinggi, menyebutkan lokasi  untuk memancarkan gelombang radio di Bumi Perkemahan Pramuka di Kelurahan Bukit Apit Puhun sangat bagus dan terbuka, ber QSO di malam hari dengan para anggota  pramuka di seluruh Indonesia dan mancanegara menjadi lebih seru. Jika belajar dari pelaksanaan JOTA di tahun sebelumnya di Sekretariat Kwarcab di Belakang Balok QSO berlangsung hanya sampai sore hari.

"Sasaran peserta JOTA tahun 2024 ini dapat ber QSO dengan sesama anggota pramuka di ASEAN dan pusat pramuka di London, Inggris. Pelaksanaan JOTA nasional tahun ini berbarengan dengan kegiatan JOTA internasional. Di seluruh dunia anggota pramuka melakukan kegiatan JOTA," jelasnya. (san)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama